Prakiraan Harga Emas: XAU/USD Pantau $1.942 dan IMP Global untuk Kenaikan Lebih Lanjut
FXStreet · 24 Jan 2023 1.9K Views
  • Harga Emas mempertahankan kenaikan di tengah pelemahan Dolar AS.
  • Mode pemulihan terbaru dalam imbal hasil obligasi Treasury AS membatasi kenaikan harga Emas.
  • Fokus beralih ke Indeks Manajer Pembelian global untuk mendapatkan isyarat baru
  • Harga Emas perlu menembus level $1.942 untuk memulai tren naik.

Harga Emas mengkonsolidasikan kenaikan terbaru mendekati level tertinggi sembilan bulan, karena para pembeli mengambil jeda untuk merenungkan langkah selanjutnya. Harga Emas bertahan lebih kuat pada hari Selasa ini, setelah mengalami perdagangan dua arah yang bagus sehari sebelumnya.

Zona Euro dan Data IMP Amerika Serikat menjadi Fokus

Di tengah 'masa libur' Federal Reserve AS (Fed) dan liburan Tahun Baru Imlek di Tiongkok, fokus saat ini beralih kembali ke fundamental. Oleh karena itu, Indeks Manajer Pembelian Manufaktur dan Jasa S&P Global dari Zona Euro dan Amerika Serikat akan dirilis. Survei bisnis ini kemungkinan akan memberikan sinyal mengenai kondisi ekonomi global, yang dapat berdampak signifikan pada ekspektasi potensi resesi. Jika laporan IMP di seluruh kawasan Euro dan AS mengisyaratkan meningkatnya peluang resesi global, para investor dapat berlari ke aset safe haven Dolar AS, memicu retracement tajam pada harga Emas dari level yang lebih tinggi.

Permintaan Emas India Terpukul oleh Rekor Harga Kontrak Berjangka

Mengutip para pedagang, Reuters melaporkan pada hari Selasa, kontrak berjangka Emas India mencapai rekor tertinggi sepanjang masa, tetapi para investor tetap waspada bahwa lonjakan harga ini dapat mengurangi permintaan di negara konsumen logam mulia terbesar kedua di dunia ini. Kenaikan lebih lanjut dalam harga Emas, oleh karena itu, tetap dibatasi, meskipun ekspektasi Federal Reserve dovish. Sementara itu, ada laporan yang beredar bahwa India diprakirakan akan memotong bea masuk emas untuk mengurangi penyelundupan.

Analisis Teknikal Harga Emas: Grafik Harian

XAU/USD

Prospek teknikal untuk harga Emas tetap tidak berubah, karena para pembeli Emas terus mendambakan penerimaan di atas batas atas formasi rising wedge, yang saat ini berada di $1.942. Kenaikan baru menuju level psikologis $1.950 tidak dapat dikesampingkan pada penutupan candlestick harian di atas level tersebut.

Relative Strength Index (RSI) 14-hari mendatar tepat di atas wilayah overbought, mendukung potensi bullish.

Harga Emas menguji kedua batas formasi rising wedge pada hari Senin, menunggu katalis baru untuk penembusan kisaran, yang tampaknya mengarah ke sisi atas.

Di sisi lain, batas bawah wedge, saat ini di $1.923, menjadi kunci bagi para optimis Emas. Penembusan ke bawah yang berkelanjutan dapat memicu penurunan baru menuju level terendah 18 Januari di $1.897

Namun, level terendah hari sebelumnya di $1.911 dan angka bulat $1.900 dapat memberikan penangguhan sementara bagi para pembeli Emas.

Reprinted from FXStreet , the copyright all reserved by the original author.

Affected Trading Instrument

*Risk Disclaimer: The content above represents only the views of the author. It does not represent any views or positions of Maxco and does not mean that Maxco agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the Maxco, Maxco does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

Recommend