Prakiraan EUR/USD: Penjual Mengambil Tindakan karena Euro Turun di Bawah Area Support Utama
FXStreet · 31 Jan 2023 2.5K Views
  • EUR/USD telah turun ke level terendah dalam lebih dari satu minggu pada hari Selasa.
  • Prospek teknikal menunjukkan pergeseran bearish dalam waktu dekat.
  • Euro perlu stabil di atas area 1,0820/30 untuk mencegah aksi jual.

EUR/USD telah melanjutkan penurunannya ke level terendah baru 10 hari di dekat 1,0800 setelah ditutup di wilayah negatif pada hari Senin. Prospek teknikal jangka pendek pasangan mata uang ini menunjukkan bahwa para penjual mempertahankan kendali atas aksi untuk saat ini. Pada paruh kedua hari ini, para pelaku pasar akan terus memantau kinerja indeks-indeks utama Wall Street.

Lingkungan pasar yang menghindari risiko membantu Dolar AS mengungguli para pesaingnya di paruh kedua hari ini. Dengan tidak adanya rilis data makroekonomi yang berdampak tinggi, indeks-indeks ekuitas utama di AS mengalami koreksi yang dalam pada perdagangan pertama hari ini. Selain itu, imbal hasil obligasi pemerintah AS bertenor 10 tahun terus menguat di atas 3,5% dan memberikan dorongan lebih lanjut bagi Dolar AS.

Pada hari Selasa, data dari Jerman menunjukkan bahwa Penjualan Ritel pada bulan Desember turun 5,3% secara bulanan. Angka ini lebih lemah dari ekspektasi pasar untuk kenaikan 0,2% dan menyulitkan Euro untuk melakukan pemulihan.

Di akhir sesi, Eurostat akan merilis data pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) untuk kuartal keempat. Para investor memprakirakan ekspansi tahunan akan turun menjadi 1,8% dari 2,3% pada kuartal ketiga. Menjelang pengumuman kebijakan Bank Sentral Eropa (ECB), angka PDB yang lebih lemah dari perkiraan dapat melemahkan Euro dan sebaliknya.

Pada paruh kedua hari ini, Indeks Kepercayaan Konsumen bulan Januari dari Conference Board akan ditampilkan dalam agenda ekonomi AS bersamaan dengan data Indeks Harga Perumahan untuk bulan November. Namun, para investor kemungkinan tidak akan mengambil posisi berdasarkan data-data ini sambil menunggu pengumuman kebijakan Federal Reserve pada hari Rabu. Oleh karena itu, persepsi risiko dapat mendominasi pergerakan EUR/USD di sesi Amerika.

Perlu juga dicatat bahwa arus akhir bulan dapat meningkatkan volatilitas dan menyebabkan korelasi antar pasar melemah menjelang akhir sesi Eropa.

Analisis Teknikal EUR/USD

Analisis Teknikal EUR/USD

EUR/USD menembus di bawah Simple Moving Average (SMA) 100 periode pada grafik empat jam untuk pertama kalinya sejak awal tren naik terbaru di awal Januari. Selain itu, indikator Relative Strength Index (RSI) pada grafik yang sama turun di bawah 50, mengkonfirmasi pergeseran bearish.

Pada sisi negatifnya, 1,0800 (level psikologis) terletak sebagai support sementara di depan 1,0760 (Fibonacci retracement38,2% ) dan 1,0730 (SMA 200 periode).

Area 1,0820/30, di mana SMA 100 periode dan Fibonacci retracement 23,6% sejajar, membentuk resistance penting. Hanya penutupan pada grafik empat jam di atas level tersebut yang dapat mencegah para penjual dan membuka pintu untuk pemulihan yang berlanjut menuju 1,0870 (SMA 50 periode) dan 1,0900 (level psikologis, level statis).

Reprinted from FXStreet , the copyright all reserved by the original author.

Affected Trading Instrument

*Risk Disclaimer: The content above represents only the views of the author. It does not represent any views or positions of Maxco and does not mean that Maxco agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the Maxco, Maxco does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

Recommend