Prospek AUD/USD: Pembeli Berupaya Merebut Kembali Kendali atas Prospek Hawkish RBA
FXStreet · 07 Feb 2023 2.3K Views
Share:
  • AUD/USD mendapatkan kembali traksi positif sebagai reaksi atas keputusan kebijakan RBA yang lebih hawkish.
  • USD melemah di tengah penurunan imbal hasil obligasi AS dan memberikan dorongan tambahan.
  • Ekspektasi bahwa the Fed akan tetap menaikkan suku bunga untuk membatasi penurunan USD dan membatasi pasangan ini.

Pasangan AUD/USD menarik pembelian baru selama sesi Asia pada hari Selasa dan menghentikan penurunan tiga hari beruntun ke level terendah satu bulan, di sekitar area 0,6855 yang dicapai pada hari sebelumnya. Dolar Australia menguat secara keseluruhan setelah Reserve Bank of Australia (RBA) menaikkan suku bunga acuannya sebesar 25 bp ke level tertinggi dalam satu dekade terakhir di 3,35%. Dalam pernyataan kebijakan moneter yang menyertainya, Gubernur RBA Philip Lowe mengatakan bahwa kenaikan lebih lanjut akan diperlukan dalam beberapa bulan ke depan untuk memastikan inflasi kembali ke target. Perlu disebutkan bahwa Indeks Harga Konsumen (IHK) domestik tumbuh pada laju tahunan sebesar 7,8% di kuartal Desember - laju tercepatnya dalam lebih dari 30 tahun terakhir. Hal ini, bersama dengan Dolar AS yang lebih lembut, memberikan dorongan yang baik untuk mata uang utama.

Penurunan moderat pada imbal hasil obligasi Treasury AS ternyata menjadi faktor kunci yang membatasi momentum pemulihan USD pasca NFP dari level terendah sembilan bulan. Meskipun demikian, pullback USD yang berarti tampaknya tidak mungkin terjadi di tengah ekspektasi bahwa Federal Reserve akan mempertahankan sikap hawkish-nya lebih lama. Rincian ketenagakerjaan bulanan AS yang sebagian besar optimis (NFP) yang dirilis pada hari Jumat menunjukkan kekuatan yang mendasari pasar tenaga kerja dan dapat memungkinkan bank sentral AS untuk terus menaikkan suku bunga. Hal ini, bersama dengan risiko resesi yang membayangi, seharusnya bertindak sebagai pendorong bagi dolar safe-haven dan menahan Aussie yang sensitif terhadap risiko. Hal ini, pada gilirannya, memerlukan kehati-hatian bagi para pedagang bullish yang agresif dan sebelum memposisikan diri untuk pergerakan apresiasi lebih lanjut.

Selanjutnya, tidak ada data makro yang relevan yang akan dirilis dari AS pada hari Selasa. Oleh karena itu, pidato Ketua Fed Jerome Powell akan ditunggu sebagai dorongan baru di awal sesi Amerika Utara. Selain itu, imbal hasil obligasi AS akan mempengaruhi dinamika harga USD. Para pedagang selanjutnya akan mengambil isyarat dari sentimen risiko yang lebih luas untuk mengambil peluang jangka pendek di sekitar pasangan AUD/USD.

Prospek Teknikal

Dari perspektif teknikal, harga spot, sejauh ini, telah menunjukkan beberapa ketahanan di dekat support yang ditandai dengan garis tren miring ke atas yang memanjang dari level terendah Oktober 2022. Pemantulan berikutnya menunjukkan bahwa pullback korektif baru-baru ini dari level tertinggi sejak Juni 2022 yang dicapai minggu lalu mungkin telah berakhir. Meskipun demikian, pergerakan ke atas lebih lanjut kemungkinan besar akan menghadapi resistance yang kuat di depan level psikologis 0,7000. Yang terakhir ini akan bertindak sebagai titik penting, di atasnya pasangan AUD/USD dapat naik kembali menuju resistance horisontal 0,7055-0,7060. Beberapa tindak lanjut pembelian akan membuka jalan untuk merebut kembali angka bulat 0,7100.

Di sisi lain, angka 0,6900 saat ini tampaknya melindungi sisi bawah langsung menjelang swing low semalam, di sekitar area 0,6855. Kegagalan untuk mempertahankan level support tersebut akan menandai penembusan bearish baru dan membuat pasangan AUD/USD rentan. Harga spot kemudian dapat mempercepat penurunan untuk menantang SMA 200 hari yang sangat penting, saat ini di sekitar level 0,6800, yang jika ditembus dengan pasti akan menggeser bias jangka pendek yang mendukung para pedagang bearish.

AUD/USD

Share: Analysis feed
Reprinted from FXStreet , the copyright all reserved by the original author.

Affected Trading Instrument

*Risk Disclaimer: The content above represents only the views of the author. It does not represent any views or positions of Maxco and does not mean that Maxco agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the Maxco, Maxco does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

Recommend