Ini Tips Cuan Nabung Emas di Tengah Naiknya Suku Bunga AS
detik · 14 Apr 2023 4.5K Views
Gold bars sitting over a bar graph. Selective focus. Horizontal composition with copy space. Stock market and finance concept.
Jakarta

Emas merupakan salah satu instrumen investasi yang jadi pilihan banyak orang. Bahkan di tengah kondisi ekonomi yang tak menentu, investasi emas masih terbilang menjanjikan.

Beberapa waktu lalu Bank Sentral Amerika Serikat atau The Federal Reserve (The Fed) menaikkan suku bunga dana federal sebesar 0,25%. Plus, kondisi geopolitik seperti perang Ukraina-Rusia dan dan ketegangan China-Taiwan memiliki dampak nilai emas. Hal ini tentu berpengaruh pada harga emas.

Lalu bagaimana kiat berinvestasi emas biar tetap cuan di tengah kondisi yang menentu ini? Simak tips berikut.

1. Tentukan Tujuan Investasi

Sebelum berinvestasi, ada baiknya untuk menentukan dahulu tujuan dari investasi tersebut. Jika tujuannya untuk investasi jangka panjang maka emas bisa menjadi pilihan. Beberapa orang kerap menjadikan emas sebagai investasi jangka panjang mulai dari dana pensiun, dana pendidikan anak, liburan, biaya haji, atau tujuan keuangan lainnya dalam kurun waktu 5-10 tahun ke depan. Setelah mengetahui tujuan investasi, mulailah masuk ke tahap perencanaan keuangan untuk menyesuaikan alokasi gaji dengan dana investasi setiap bulannya.

2. Pahami Kadar, Karat & Perkembangan Harga Emas

Saat berinvestasi emas, pastikan untuk memahami kadar, karat dan perkembangan harga emas. Kadar karat merupakan ukuran tingkat kemurnian emas. Dalam hal ini, logam mulia atau emas batangan memiliki kadar hingga 99,9%. Sebab, emas jenis ini tidak memiliki campuran jenis logam lain seperti perak, platinum dan logam lainnya. Jika membeli logam mulia Antam, biasanya terdapat cap khas yang menunjukkan logo perusahaan dan tingkat kemurniannya.

Setelah paham hal ini, perhatikan perkembangan harga emas Antam. Adapun harga emas cenderung tidak pernah mengalami penurunan secara signifikan, bahkan justru naik secara jangka panjang. Momentum saat harga turun menjadi waktu yang tepat untuk membeli emas. Lalu, dapat menjualnya di saat harga logam mulia naik.

3. Rutin Berinvestasi

Sama seperti investasi lainnya, investasi emas juga perlu dilakukan secara rutin atau konsisten. Cobalah untuk mengalokasikan setiap satu atau tiga bulan dari sebagian penghasilan untuk membeli emas. Hal ini penting agar bisa memperoleh keuntungan yang optimal di masa depan. Mengingat emas mampu bertahan di tengah inflasi atau kondisi perekonomian dunia yang tidak stabil.

4. Simpan di Tempat yang Baik & Aman

Selanjutnya, simpan emas di tempat yang baik dan benar agar tidak rusak. Umumnya, investor menyimpan aset berharganya Safe Deposit Box (SDB) di bank atau di dalam brankas di rumah. Penyimpanan aset di SDB cenderung lebih aman, namun memerlukan biaya tambahan. Di sisi lain, penyimpanan di rumah lebih berisiko terhadap pencurian.

5. Beli Emas dari Pihak Terpercaya

Hal penting lainnya yang tak boleh dilewatkan adalah membeli emas dari pihak terpercaya. Di Indonesia, pembelian emas dapat dilakukan di Antam, salah salah satu perusahaan penyedia emas batangan yang menjamin kualitas serta keamanan.

Selain itu, investasi emas kini bisa dilakukan dengan mudah dan cepat melalui Pegadaian. Tak hanya membeli emas, Pegadaian juga menawarkan layanan tabungan emas yang dapat dilakukan melalui aplikasi Pegadaian Digital.

Untuk memulai investasi emas, sebaiknya pahami harga emas terupdate di Pegadaian. Adapun per hari ini, Jumat (14/4/2023), harga emas 0,5 gram Antam Retro terpantau berada di harga Rp 580.000.

Sedangkan untuk emas Antam Retro 1 gram Rp 1.085.000, 2 gram Rp 2.148.000, 3 gram Rp 3.190.000 dan 5 Gram Rp 5.301.000. Untuk harga emas Antam Retro 10 gram berada di harga Rp 10.535.000, 25 gram Rp 26.187.000, 50 gram Rp 52.279.000, 100 gram Rp 104.463.000 dan 250 gram Rp 260.842.0000.

Adapun setiap membeli emas batangan langsung di Antam, maka akan dikenakan pajak sebesar 0,45%. Hal ini sesuai aturan Peraturan Menteri Keuangan 34/PMK.010/2017. Tarif ini akan berlaku jika Anda membeli emas dengan menyertakan nomor NPWP.

Jika tak memiliki NPWP maka tarif yang dikenakan sebesar 0,9 persen. Namun untuk pembelian emas di Pegadaian, harga yang tertera sudah dikenakan pajak.

Bagi Anda yang baru saja memulai investasi emas, Pegadaian melayani pembelian emas satuan mulai dari 0,01 gram melalui Tabungan Emas. Tercatat per hari ini, Jumat (14/4) harga beli untuk 0,01 gram emas dibanderol dengan kisaran Rp 9.760.

Tak hanya itu, Anda juga bisa memanfaatkan fitur Simulasi Tabungan Emas untuk menghitung nilai investasi emas. Jika ingin membeli emas dengan sistem angsuran, Anda pun bisa melakukannya melalui Simulasi Cicil Emas. Mudah dan praktis bukan?

Reprinted from detik , the copyright all reserved by the original author.

Affected Trading Instrument

*Risk Disclaimer: The content above represents only the views of the author. It does not represent any views or positions of Maxco and does not mean that Maxco agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the Maxco, Maxco does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

Recommend