Prakiraan Harga Emas: Penjual XAU/USD Pantau Penerimaan di Bawah DMA 21 setelah Konfirmasi Bearish Wedge
FXStreet · 20 Apr 2023 2.2K Views
Bagikan:
  • Harga Emas menghentikan penurunan korektifnya, karena Pergerakan Rata-rata 21-hari kembali menyelamatkan.
  • Pendapatan AS yang suram dan kekhawatiran resesi menghidupkan kembali permintaan safe haven Dolar AS, membuat harga Emas rentan.
  • Bearish wedge tetap terbentuk di tengah RSI yang bullish, kemana arah harga Emas selanjutnya?

Harga Emas tampak mencari posisinya di bawah $2.000 pada Kamis pagi setelah mengalami sesi yang tidak stabil pada hari Rabu. Dolar Amerika Serikat (USD) mengkonsolidasikan kenaikannya di tengah jeda kenaikan imbal hasil obligasi pemerintah AS.

Pasar menunggu rilis ekonomi Amerika Serikat tingkat menengah, dalam Klaim Pengangguran mingguan dan Penjualan Rumah Baru, untuk mendapatkan petunjuk baru tentang ekonomi AS dan prospek suku bunga Federal Reserve AS (Fed). Pidato dari para pembuat kebijakan the Fed, Christopher Waller dan Michelle Bowman, juga akan dicermati dengan seksama sebelum the Fed memasuki 'periode blackout', mulai 22 April.

Penghindaran Risiko Mendukung Dolar AS

Aliran risk-off meluas ke Asia pada hari Kamis ini, menjaga permintaan safe-haven untuk Dolar AS, karena para investor melakukan perdagangan dengan hati-hati di tengah meningkatnya kekhawatiran resesi dan laporan pendapatan AS yang mengecewakan. Sentimen investor tertekan pada hari Rabu setelah Indeks Harga Konsumen (IHK) tahunan Inggris melemah kurang dari yang diharapkan di bulan Maret, mencapai 10,1% versus 9,8% yang diharapkan. Hal ini mendorong ekspektasi bahwa Bank of England (BoE) harus tetap berkomitmen pada lintasan kenaikan suku bunganya untuk menjinakkan inflasi yang sangat tinggi. Sementara itu, para pembuat kebijakan Bank Sentral Eropa (ECB) masih mempertimbangkan antara kenaikan suku bunga sebesar 25 basis poin (bp) atau 50 bp pada pertemuan mendatang.

Di sisi lain Atlantik, Presiden The Fed New York John Williams menekankan dalam pidatonya Rabu malam, "Inflasi masih terlalu tinggi, dan kami akan menggunakan perangkat kebijakan moneter kami untuk memulihkan stabilitas harga."

Ekspektasi bahwa bank-bank sentral global akan terus menaikkan suku bunga untuk menekan inflasi memicu kekhawatiran akan meningkatnya risiko resesi. Pembicaraan mengenai kenaikan suku bunga yang lebih tinggi untuk jangka waktu yang lebih lama meningkatkan imbal hasil obligasi Treasury AS di seluruh kurva, mengangkat Dolar AS dan mengorbankan harga Emas. Namun, penurunan akhir imbal hasil obligasi Treasury AS pada hari Rabu membantu harga Emas untuk bangkit kembali dari level terendah dua minggu di $1.969.

Greenback juga mendapat dukungan dari sentimen pasar yang suram, karena para investor menilai risiko resesi. Hasil buruk dari Netflix diikuti oleh melesetnya pendapatan dalam laporan pendapatan Tesla, yang membuat pasar semakin takut dan membuat para pmbeli Dolar AS termotivasi. Tesla melaporkan pendapatan Kuartal 1 sebesar $23,33 miliar, sedikit di bawah estimasi Street sebesar $23,35 miliar, dengan EPS yang disesuaikan pada Kuartal 1 sebesar $0,85, di bawah estimasi Street sebesar $0,86.

Analisis Teknikal Harga Emas: Grafik Harian

XAU/USD

Harga Emas ditutup pada hari Rabu di bawah support rising wedge, kemudian di $2.004, mengkonfirmasi penembusan sisi bawah dari wedge.

Para penjual Emas menghasilkan penembusan yang menentukan di bawah MA 21-Harian (DMA) bullish di $1.993, namun para pembeli berhasil melompat kembali ke dalam permainan dan merebut kembali DMA tersebut pada penutupan.

Pada perdagangan hari Kamis sejauh ini, harga Emas menantang support DMA 21, menunggu penerimaan di bawahnya pada penutupan harian untuk melepaskan penurunan lebih lanjut.

Pergerakan berkelanjutan di bawah rintangan DMA 21 akan menempatkan level terendah hari sebelumnya di $1.969 dalam risiko, di bawahnya para penjual Emas akan menargetkan 1.950, pertemuan level psikologis utama dan level terendah 3 April.

Namun, Relative Strength Index (RSI) 14-hari terus bertahan di atas garis tengah, sehingga perlu diwaspadai oleh para penjual Emas.

Jika perdagangan 'beli pada saat turun' meluas pada harga Emas, maka para pembeli akan mencoba kembali wedge support yang berubah menjadi resistance di $2.010.

Pemulihan dapat memperoleh traksi lebih lanjut di atas level tersebut, dengan memperhatikan resistance statis di $2.015 dan angka bulat $2.020.

Bagikan: Pasokan Analisa
Reprinted from FXStreet , the copyright all reserved by the original author.

Affected Trading Instrument

*Risk Disclaimer: The content above represents only the views of the author. It does not represent any views or positions of Maxco and does not mean that Maxco agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the Maxco, Maxco does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

Recommend