EUR/USD: Pertaruhan Hawkish pada ECB Dukung Pembeli Untuk Mengincar Rintangan 1,0115, Inflasi AS Dalam Fokus
FXStreet · 12 Sep 2022 472 Views

  • EUR/USD tetap menguat untuk 2 hari berturut-turut karena berjuang melawan rintangan DMA-50.
  • Elang ECB memberi sinyal pengetatan kebijakan moneter lebih lanjut meskipun ada kekhawatiran resesi.
  • Pembuat kebijakan Fed tetap berharap suku bunga yang lebih tinggi sebelum memasuki periode reses.
  • Berita utama Tiongkok dan terkait Rusia menguji pembeli di tengah sesi yang lesu, IHK AS adalah kuncinya.

EUR/USD naik lebih tinggi di sekitar 1,0090 selama sesi lesu hari Senin karena Tiongkok libur dan kalender yang ringan bergabung dengan kecemasan pra-data. Namun, komentar hawkish baru-baru ini dari pembuat kebijakan Bank Sentral Eropa (ECB) membuat pembeli tetap berharap.

"Banyak pembuat kebijakan melihat kemungkinan yang semakin besar bahwa mereka perlu membawa tingkat suku bunga ke "wilayah restriktif", jargon untuk tingkat suku bunga yang menyebabkan ekonomi melambat, pada 2% atau di atasnya," sebut Reuters sambil mengutip lima sumber. Di antara mereka, komentar dari Presiden Bundesbank dan anggota Dewan Pemerintahan ECB Joachim Nagel dan Gubernur Bank of Greece Yannis Stournaras tampaknya mendapatkan perhatian utama.

Baca juga: Pejabat ECB Dukung Pengetatan Lebih Lanjut, karena Mereka Melihat Suku Bunga ke 'Wilayah Terbatas'

Di sisi lain, Gubernur Federal Reserve Christopher Waller adalah yang menonjol karena dia mengatakan pada hari Jumat bahwa dia mendukung kenaikan signifikan lainnya dalam dua pekan. Selain itu Presiden Fed Kansas City Esther George mengatakan, seperti dilansir Reuters, "Kasus untuk terus menghapus akomodasi kebijakan sudah jelas." Selanjutnya, Presiden Federal Reserve Bank Cleveland Loretta Mester mengatakan, "Satu laporan inflasi tidak cukup untuk mengubah pandangan seseorang." Pembuat kebijakan juga menyatakan bahwa ia melihat suku bunga kebijakan naik sedikit di atas 4% pada awal 2023.

Perlu dicatat bahwa Menteri Keuangan AS Janet Yellen juga mengisyaratkan tantangan bagi Federal Reserve AS (Fed) ke depan saat dia mengatakan selama wawancara CNN, "Fed akan membutuhkan keterampilan dan keberuntungan untuk menurunkan inflasi sambil mempertahankan kekuatan pasar tenaga kerja."

Di halaman yang berbeda, berita utama geopolitik dan perdagangan baru seputar Tiongkok dan Rusia tampaknya menguji sentimen risk-on sebelumnya, terutama didukung oleh harapan bahwa inflasi mereda dan para pembuat kebijakan akan mampu mengatasi krisis ekonomi. Hal yang sama menantang pembeli EUR/USD karena libur Tiongkok membatasi pergerakan pasar.

Presiden AS Joe Biden siap menghantam Tiongkok dengan pembatasan yang lebih luas pada ekspor chip dan peralatan AS yang membatasi sentimen pasar yang sebelumnya optimis. Selain itu analisis yang menunjukkan permintaan minyak rendah 20 tahun dari Tiongkok karena pembatasan COVID, yang dibagikan oleh Reuters. Perlu disebutkan bahwa kekhawatiran yang berasal dari krisis Rusia-Ukraina, karena mundurnya Moskow, juga merupakan katalis negatif risiko.

Sementara menggambarkan sentimen, S&P 500 Futures berjuang untuk memperpanjang tren naik tiga hari di sekitar puncak dua pekan, turun dari level tertinggi intraday 4.094,50 akhir-akhir ini. Pada baris yang sama adalah imbal hasil obligasi pemerintah  AS 10-tahun, turun satu basis poin (bp) menjadi 3,31%.

Selanjutnya, pembacaan akhir Zona Euro dan data inflasi Jerman akan bergabung dengan permainan politik seputar krisis energi blok tersebut untuk mengarahkan pergerakan EUR/USD jangka pendek. Meskipun, yang lebih penting adalah Indeks Harga Konsumen (IHK) dan Penjualan Ritel AS untuk bulan Agustus, serta pembacaan awal Indeks Sentimen Konsumen Michigan untuk bulan September.

Analisis teknis

Meskipun area horizontal dua bulan dan DMA-50 menantang pembeli EUR/USD, sekitar 1,0090-95 dan 1,0115 dalam urutan itu, perdagangan berkelanjutan pasangan ini di luar garis resistensi tiga pekan sebelumnya, mendekati 0,9980, menjaga potensi kenaikan tetap utuh.

Level Teknis EUR/USD

Tinjauan
Harga terakhir hari ini 1.0082
Perubahan harian hari ini 0.0039
Perubahan harian hari ini % 0.39
Pembukaan harian hari ini 1.0043
 
Tren
SMA 20 Harian 1.0015
SMA 50 Harian 1.012
SMA 100 Harian 1.0346
SMA 200 Harian 1.0763
 
Level
Tinggi Harian Sebelumnya 1.0114
Rendah Harian Sebelumnya 0.9996
Tinggi Mingguan Sebelumnya 1.0114
Rendah Mingguan Sebelumnya 0.9864
Tinggi Bulanan Sebelumnya 1.0369
Rendah Bulanan Sebelumnya 0.9901
Fibonacci Harian 38,2% 1.0068
Fibonacci Harian 61,8% 1.0041
Pivot Point Harian S1 0.9988
Pivot Point Harian S2 0.9933
Pivot Point Harian S3 0.987
Pivot Point Harian R1 1.0106
Pivot Point Harian R2 1.0169
Pivot Point Harian R3 1.0224

 

Reprinted from FXStreet , the copyright all reserved by the original author.

Affected Trading Instrument

*Risk Disclaimer: The content above represents only the views of the author. It does not represent any views or positions of Maxco and does not mean that Maxco agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the Maxco, Maxco does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

Recommend