Kapan Laporan Ketenagakerjaan Australia dan Bagaimana Pengaruhnya terhadap AUD/USD?
FXStreet · 15 Sep 2022 533 Views


Statistik ketenagakerjaan bulan Agustus dari Biro Statistik Australia, yang akan dipublikasikan pada pukul 01:30 GMT/08:30 WIB pada hari Kamis, akan menjadi katalisator langsung bagi para pedagang pasangan AUD/USD.

Konsensus pasar menunjukkan bahwa Tingkat Pengangguran utama mungkin tetap tidak berubah pada 3,4% pada basis penyesuaian musiman sedangkan Perubahan Ketenagakerjaan dapat membalikkan kontraksi sebelumnya sebesar 40,9 ribu dengan penambahan 35 ribu. Selanjutnya, Tingkat Partisipasi juga diperkirakan akan meningkat ke 66,6% dibandingkan 66,4% sebelumnya.

Mempertimbangkan beberapa komentar hati-hati Reserve Bank of Australia (RBA) baru-baru ini, ditambah dengan masalah di Tiongkok, laporan lapangan pekerjaan Australia hari ini menjadi penting karena AUD/USD tetap berada di dekat level terendah tahunan.

Selain data ketenagakerjaan, rilis triwulanan RBA Bulletin juga akan dirilis sekitar pukul 01:30 GMT/08:30 WIB dan karenanya menyarankan kehati-hatian ekstra para pedagang AUD/USD.

Menjelang acara tersebut, para analis di Westpac mengatakan,

Mengingat adanya cuti sakit, liburan, dan peristiwa cuaca baru-baru ini, Westpac mengantisipasi lapangan kerja untuk rebound kuat pada bulan Agustus, terangkat sebesar 110 ribu (prakiraan pasar: 35 ribu). Oleh karena itu, peningkatan partisipasi yang kuat akan membuat tingkat pengangguran bertahan stabil di 3,4%.

Bagaimana data Dapat Mempengaruhi AUD/USD?

Menjelang data, AUD/USD tetap tanpa arah di sekitar 0,6750, memudarkan pemulihan hari sebelumnya dari level terendah satu minggu. Dengan demikian, pasangan AUD ini menggambarkan kecemasan pra-data. Kemungkinan juga yang telah membatasi pergerakan pasangan ini adalah kekhawatiran yang beragam atas Tiongkok dan sentimen yang berhati-hati menjelang Penjualan Ritel AS.

Meskipun demikian, harapan akan laporan lapangan pekerjaan Australia yang optimis dapat mendorong AUD/USD menjadi lebih sedikit di tengah pesimisme luas seputar perlambatan ekonomi dan kenaikan suku bunga The Fed 75 bp pada bulan September, tidak melupakan keraguan atas langkah RBA selanjutnya. Namun, data kuat yang dicetak dari Perubahan Ketenagakerjaan dan Tingkat Pengangguran yang lebih lemah tidak akan luput dari perhatian dan karenanya dapat menyebabkan kenaikan spontan pada harga.

Mempertimbangkan hal ini, Dhwani Mehta dari FXStreet mengatakan

Jika data ketenagakerjaan kembali mengejutkan ke sisi negatifnya, hal ini akan memadamkan harapan kenaikan suku bunga Oktober sebesar 50 bp oleh RBA. Dalam kasus seperti itu, AUD/USD dapat mengunjungi kembali posisi terendah Juli di bawah 0,6700. Sebuah kenaikan besar pada semua indikator pasar tenaga kerja diperlukan untuk menyelamatkan para pembeli AUD, yang dapat memicu kenaikan baru pada pasangan mata uang ini menuju resistance penting di sekitar 0,6850.

Secara teknis, garis support naik dua bulan, di 0,6700 pada saat berita ini ditulis, mendahului level terendah tahunan di 0,6680 untuk membatasi penurunan jangka pendek pasangan AUD/USD. Namun, pergerakan pemulihan membutuhkan validasi dari garis resistance bulanan dan DMA-50, masing-masing di dekat 0,6850 dan 0,6890 sesuai urutan itu. Secara keseluruhan, AUD/USD kemungkinan akan bertahan di level yang lebih rendah tetapi bisa tetap terikat dalam kisaran.

Catatan Utama

  • Pratinjau Ketenagakerjaan Australia: Akankah Kenaikan Pasar Tenaga Kerja Menyelamatkan Aussie?

Tentang Perubahan Ketenagakerjaan

Perubahan Ketenagakerjaan yang dirilis oleh Biro Statistik Australia adalah ukuran perubahan jumlah orang yang dipekerjakan di Australia. Secara umum, kenaikan indikator ini memiliki implikasi positif bagi belanja konsumen yang merangsang pertumbuhan ekonomi. Oleh karena itu, angka yang tinggi dipandang positif (atau bullish) bagi AUD, sementara angka yang rendah dipandang negatif (atau bearish).

Tentang Tingkat Pengangguran

Tingkat Pengangguran yang dirilis oleh Biro Statistik Australia adalah jumlah pekerja yang menganggur dibagi dengan total angkatan kerja sipil. Jika tingkat pengangguran naik, mengindikasikan kurangnya ekspansi dalam pasar tenaga kerja Australia. Akibatnya, kenaikan menyebabkan melemahnya ekonomi Australia. Penurunan angka ini dipandang sebagai positif (atau bullish) bagi AUD, sementara kenaikan dipandang sebagai negatif (atau bearish).

Reprinted from FXStreet , the copyright all reserved by the original author.

Affected Trading Instrument

*Risk Disclaimer: The content above represents only the views of the author. It does not represent any views or positions of Maxco and does not mean that Maxco agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the Maxco, Maxco does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

Recommend