Analisa Mingguan 17-21 Oct 2022
Maxco · 17 Oct 2022 731 Views



ECONOMIC CALENDAR (17-21 OCT 2022)



PIVOT POINT



EUR/USD


EUR/USD pulih dari kerugian sebelumnya karena inflasi di Amerika Serikat naik di atas perkiraan, terus menguji kesabaran anggota Fed. Core CPI di AS melonjak ke level tertinggi empat dekade, melebihi perkiraan, memperkuat perihal pengetatan Fed lebih lanjut pada pertemuan November.

Oleh karena itu, EUR/USD diperdagangkan pada 0,9775, setelah meluncur ke terendah harian 0,9631, karena para pedagang bereaksi terhadap data AS. Ekuitas AS diperdagangkan di zona hijau karena sentimen bergeser positif. Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan bahwa inflasi di AS, terutama CPI inti, melonjak lebih dari yang diperkirakan sebesar 6,6% YoY, melampaui 6,3% Agustus.


USD/JPY


USD/JPY memangkas kenaikannya di bawah angka 147,00 setelah mencatat tertinggi baru 24 tahun berkat data inflasi AS, memicu lonjakan imbal hasil Treasury AS, karena ekspektasi untuk pengetatan Fed lebih lanjut meningkat, dengan para pedagang sepenuhnya memperkirakan kenaikan 0,75% pada November. USD/JPY diperdagangkan pada 146,88, di bawah harga pembukaannya sebesar 0,02%.

Pada sesi Kamis, USD/JPY secara mengejutkan naik lebih tinggi meskipun ada intervensi verbal oleh otoritas Jepang. Di sesi Asia, Menteri Keuangan Jepang Shunichi Suzuki berkomentar bahwa dia khawatir tentang volatilitas valas baru-baru ini yang melibatkan JPY.

 

GBP/USD


Pound tampaknya mengambil nafas karena reli 300-pip yang mengesankan dari area 1,1060 telah menemukan penjual di 1,1380 sebelum menarik kembali ke kisaran bawah 1,1300. Pound tetap positif pada grafik harian setelah terapresiasi melebihi 3% selama dua hari terakhir.

Berita yang melaporkan bahwa Pemerintah Inggris mungkin akan membahas kenaikan pajak perusahaan tahun depan, sehingga membalikkan Mini-Anggaran yang mengguncang pasar bulan lalu telah disambut oleh investor. Selanjutnya, Financial Times melaporkan pada hari Rabu bahwa Bank of England mungkin telah menyetujui secara pribadi dengan pemberi pinjaman tentang kemungkinan memperpanjang pembelian obligasi di luar hari Jumat, hari yang diumumkan sebagai batas waktu untuk rencana darurat. Ini telah berkontribusi untuk mengurangi tekanan negatif pada cable.


AUD/USD


Harga telah membentuk formasi puncak setelah data inflasi AS yang meninggalkan fokus pada sisi atas untuk hari ke depan dan pada data Penjualan Ritel AS untuk hari Jumat di sesi AS. Angka yang kurang menggembirakan bisa menjadi masalah bagi dolar AS karena investor spekulan mencari keuntungan jangka pendek di tempat lain.

Dengan itu, Aussie adalah beta tinggi untuk pasar saham AS sehingga juga bisa berjuang menghadapi data yang lemah. Namun demikian, kenaikan akan kembali terkendali jika tembus di 0,6350 yang berada di atas formasi puncak 11 Oktober di sekitar 0,6330. Di luar 0,6350, pembeli akan mengincar pergerakan kembali ke 0,6400, 0,6500 dan kemudian 0,6550.


USD/CAD


Penurunan USD/CAD kembali di kursi pengemudi karena pasar tersapu oleh posisi beli dolar AS yang tertekan meskipun data inflasi AS memanas pada hari Kamis. Kebangkitan harga minyak juga menguntungkan loonie di perdagangan sore di Wall Street yang telah membalik risk-on.

Berikut nya adalah analisa dari atas ke bawah yang sampai pada tesis bearish untuk hari-hari mendatang, sebagaimana di bawah tertinggi minggu lalu di dekat 1,3850. Oleh karena itu, jalan dengan hambatan paling kecil adalah ke sisi bawah pada saat ini dengan pasar telah mencapai puncaknya pada reli CPI hari Kamis.


XAU/USD


Harga emas turun pada hari Kamis karena kenaikan inflasi AS September yang lebih tinggi dari perkiraan memperkuat taruhan Federal Reserve akan bertahan dengan kenaikan suku bunga yang agresif. Spot gold turun 0,6% menjadi $1,663,05 per ounce. Emas berjangka AS turun 0,4% pada $1,670,20.

Indeks harga konsumen (CPI) AS naik 0,4% bulan lalu setelah naik 0,1% pada Agustus, menurut Departemen Tenaga Kerja. Dalam 12 bulan hingga September, CPI naik 8,2% setelah naik 8,3% di Agustus. Data tersebut menandakan The Fed akan lebih agresif dalam memerangi inflasi dengan menaikkan suku bunga lebih cepat, menekan emas.


WTI


Harga minyak menetap sekitar 2% lebih tinggi pada hari Kamis, karena tingkat persediaan diesel yang rendah menjelang musim dingin memicu pembelian dan membalikkan kerugian awal yang mengikuti stok minyak mentah dan bensin yang lebih tinggi dari perkiraan. Minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Desember naik $2,22 menjadi $96,47 per barel, naik 2,4%, setelah mundur pada hari sebelumnya. Minyak mentah AS naik $1,93, atau 2,2%, menjadi $89,20 per barel.

Stok sulingan, yang meliputi solar dan minyak pemanas, turun 4,9 juta barel dalam pekan yang berakhir 7 Oktober menjadi 106,1 juta barel, terendah sejak Mei, menurut Administrasi Informasi Energi AS, dibandingkan ekspektasi untuk penurunan 2 juta barel.


HK50


Saham China melonjak pada hari Jumat, di jalur untuk sesi terbaik mereka dalam dua bulan, setelah rebound dramatis Wall Street semalam dan kepala bank sentral China menjanjikan dukungan yang lebih kuat untuk ekonomi riil.

Indeks CSI 300 blue-chip naik 2% pada akhir sesi pagi, sementara Shanghai Composite Index naik 1,6%. Kedua indeks berada di jalur untuk kenaikan harian terbesar sejak 11 Agustus. Indeks Hang Seng dan Indeks Hang Seng China Enterprises masing-masing naik 3,4% dan 3,2%.


#NKE



Permintaan pandemi yang melonjak selama berbulan-bulan diikuti oleh masalah rantai pasokan dan ketakutan akan kekurangan stok telah membawa banyak industri ke posisi di mana mereka perlu menghabiskan persediaan dalam beberapa bulan mendatang. Nike (NKE) menemukan dirinya dalam situasi ketika persediaan di seluruh perusahaan naik 44%. Di Amerika Utara naik 65%. Secara komparatif, inventaris Nike datar dari tahun ke tahun pada tahun 2021 dan naik 15% pada tahun 2020.

Namun tidak seperti perusahaan lain dengan masalah inventaris, beberapa orang berpendapat bahwa perubahan terbaru pada fokus ritel di Nike berkontribusi pada masalah mereka. Nike baru saja melaporkan kuartal pendapatan bersih tertinggi Nike Digital, karena pasar online perusahaan melihat lalu lintas tertinggi dalam sejarah selama kuartal terakhir. Saham NKE lebih tinggi 1,05 (+1,19%) ditutup di 89,56 pada hari Kamis.


#PG


Procter & Gamble Company PG akan melaporkan hasil fiskal kuartal pertama tahun 2023 pada 19 Oktober, sebelum bel pembukaan. Perusahaan diharapkan dapat memberikan pertumbuhan penjualan pada kuartal yang akan dilaporkan. Perkiraan Konsensus Zacks untuk pendapatan fiskal kuartal pertama perusahaan dipatok pada $ 1,56 per saham, menunjukkan penurunan 3,1% dari angka yang dilaporkan kuartal tahun lalu.

Angka konsensus telah turun satu sen dalam tujuh hari terakhir. Untuk omzet fiskal kuartal pertama, angka konsensus dipatok pada $20,56 miliar, menunjukkan pertumbuhan 1,1% dari angka yang dilaporkan kuartal tahun sebelumnya. Saham PG lebih tinggi 1,88 (+1,51%) ditutup di 126,31 pada hari Kamis.


#QCOM


Selama tiga tahun terakhir, QUALCOMM telah meningkatkan pendapatan per saham (EPS) pada tingkat yang mengesankan dari titik yang relatif rendah, menghasilkan tingkat pertumbuhan persentase tiga tahun yang tidak terlalu menunjukkan kinerja masa depan yang diharapkan.

Jadi, masuk akal untuk fokus pada tingkat pertumbuhan yang lebih baru, sebagai gantinya. EPS QUALCOMM meroket dari US$8,13 menjadi US$11,45 hanya dalam satu tahun; hasil yang pasti akan membuat para pemegang saham tersenyum. Itu adalah keuntungan fantastis sebesar 41%. Saham QCOM lebih tinggi 4,22 (+3,88%) ditutup di 112,86 pada hari Kamis.


#SBUX


Starbucks Corporation SBUX baru-baru ini mengumumkan perjanjian strategis dengan Delta Air Lines, Inc. DAL untuk menawarkan keuntungan timbal balik dan penukaran kepada anggota program loyalitas Starbucks Rewards dan Delta SkyMiles. Saham SBUX lebih tinggi 2,50 (+2,88%) ditutup di 89,37 pada hari Kamis.

Mulai 12 Oktober 2022, aliansi akan memfasilitasi pelanggan untuk mendapatkan dan menukarkan kopi dan miles gratis. Sesuai perjanjian, pelanggan harus menautkan akun masing-masing untuk menerima miles pada pembelian yang dilakukan di lokasi Starbucks AS. Inisiatif ini memungkinkan anggota untuk mendapatkan satu mil per $1 yang dihabiskan di Starbucks dan menggandakan Bintang pada hari-hari bepergian di Delta.


WEEK AHEAD

Mon Oct 17          

CN   Balance of Trade Sep, Previous $79.39B, Forecast $80B

JP    Industrial Production MoM Final Aug, Previous 0.8%, Forecast 2.7%

US   NY Empire State Manufacturing Index Oct, Previous -1.5, Forecast -1

Tue Oct 18           

US   Monthly Budget Statement Sep, Previous $-220B, Forecast $-230B

AU   RBA Bullock Speech

AU   RBA Meeting Minutes

CN   GDP Growth Rate YoY Q3, Previous 0.4%, Forecast 3.3%

CN   Industrial Production YoY Sep, Previous 4.2%, Forecast 4.4%

CN   Retail Sales YoY Sep, Previous 5.4%, Forecast 3.1%

EA   ZEW Economic Sentiment Index Oct, Previous -60.7, Forecast -62.3

DE   ZEW Economic Sentiment Index Oct, Previous -61.9, Forecast -63.4

US   Industrial Production YoY Sep, Previous 3.7%, Forecast 3.4%

US   Industrial Production MoM Sep, Previous -0.2%, Forecast -0.1%

CN   20th National Congress of the Chinese Communist Party

Wed Oct 19          

GB   Inflation Rate YoY Sep, Previous 9.9%, Forecast 9.9%

GB   Inflation Rate MoM Sep, Previous 0.5%, Forecast 0.3%

EA   Inflation Rate YoY Final Sep, Previous 9.1%, Forecast 10%

CA   Inflation Rate YoY Sep, Previous 7%, Forecast 6.8%

US   Housing Starts Sep, Previous 1.575M, Forecast 1.465M

US   Building Permits Sep, Previous 1.542M, Forecast 1.487M

CN   20th National Congress of the Chinese Communist Party

Thu Oct 20           

JP    Balance of Trade Sep, Previous ¥-2817.3B, Forecast ¥-2100B

AU   Unemployment Rate Sep, Previous 3.5%, Forecast 3.4%

DE   PPI MoM Sep, Previous 7.9%, Forecast 5.1%

US   Initial Jobless Claims 15/Oct, Previous 228K, Forecast 230K

US   Philadelphia Fed Manufacturing Index Oct, Previous -9.9, Forecast -6

US   Existing Home Sales Sep, Previous 4.8M, Forecast 4.7M

CN   20th National Congress of the Chinese Communist Party

Fri Oct 21             

GB   Gfk Consumer Confidence Oct, Previous -49, Forecast N/A

JP    Inflation Rate YoY Sep, Previous 3.0%, Forecast 3.2%

GB   Retail Sales MoM Sep, Previous -1.6%, Consensus -0.5%

CA   Retail Sales MoM Aug, Previous -2.5%, Forecast 0.4%

EA   Consumer Confidence Flash Oct, Previous -28.8, Forecast -29.3

CN   20th National Congress of the Chinese Communist Party

Affected Trading Instrument

*Risk Disclaimer: The content above represents only the views of the author. It does not represent any views or positions of Maxco and does not mean that Maxco agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the Maxco, Maxco does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

Recommend