Fakta-Fakta Rishi Sunak PM Inggris yang Baru, Keturunan India Menantu Miliarder
inews · 25 Oct 2022 106 Views

Rishi Sunak (Foto: Reuters)

LONDON, iNews.id - Rishi Sunak terpilih sebagai pemimpin Partai Konservatif, Senin (24/10/2022), yang mengantarkannya sebagai perdana menteri (PM) Inggris yang baru. Pria 42 tahun itu menggantikan Liz Truss yang mengundurkan diri pekan lalu.

Sunak menang 'tanpa perlawanan' dalam pemilihan ketua Partai Konservatif setelah para pesaingnya, termasuk Boris Johson, mundur. Dia telah mengumpulkan hampir 150 dukungan dari anggota parlemen Partai Konservatif, dari batas 100 yang dipersyaratkan untuk bisa maju dalam pencalonan. Sedangkan Johnson hanya mendapat 102 dukungan. Sementara politikus lainnya, Penny Mordaunt, gagal mendapat dukungan minimal.

Berdasarkan aturan, jika hanya ada satu kandidat yang mendapat dukungan lebih dari 100 anggota parlemen Konservatif dia otomatis akan diangkat menjadi PM pada hari itu juga. Oleh karena itu proses pemilihan tak perlu menunggu sampai akhir yang diperkirakan pada Jumat (28/10/2022).

Berdasarkan aturan, jika hanya ada satu kandidat yang mendapat dukungan lebih dari 100 anggota parlemen Konservatif dia otomatis akan diangkat menjadi PM pada hari itu juga. Oleh karena itu proses pemilihan tak perlu menunggu sampai akhir yang diperkirakan pada Jumat (28/10/2022).

Berikut fakta-fakta tentang Rishi Sunak:

1. Keturunan India

Sunak lahir di Southampton pada 1980 dari ibu dan bapak Hindu asal India. Istrinya, Akshata Murthy, merupakan putri seorang miliarder India. Ini berarti dia menjadi PM Inggris keturunan India pertama.

Dia menyelesaikan studi di sekolah elite sampai menamatkan pendidikan di bidang politik, filsafat, dan ekonomi di Universtitas Oxford maupun Stanford.

Sunak juga akan menjadi orang kulit berwarna pertama yang menjadi perdana menteri Inggris. 

2. Perdana Menteri Inggris Termuda

Sunak menjadi perdana menteri Inggris termuda, yakni terpilih di usia 42 tahun.

Gonjang ganjing politik menyebabkan beberapa kali pergantian kepala pemerintahan Inggris. Sunak menjadi PM Inggris ketiga dalam 2 bulan, setelah Boris Johnson dan Liz Truss atau PM kelima dalam 6 tahun terakhir.

Status perdana menteri akan disandangnya setelah dikukuhkan oleh Raja Charles III. Raja juga akan memintanya membentuk pemerintahan.

3. Mantan Menteri Keuangan

Sunak pernah menjabat menteri keuangan Inggris pada periode 2020-2022 atau di masa pemerintahan Boris Johnson. Dia menggantikan Sajid Zavid terhitung sejak Februari 2020 dan menjabat sampai mengundurkan diri pada Juli 2022. 

Setelah itu posisinya diganti oleh Nadhim Zahawi.

4. Politikus Kaya

Sunak menjadi salah satu politikus terkaya di Westminster. Tak heran, bapak dari dua anak tersebut berasal dari keluarga pengusaha India.

Istrinya, Akshata Murthy, juga seorang putri miliarder India, NR Narayana Murthy.

Reprinted from inews , the copyright all reserved by the original author.

Affected Trading Instrument

*Risk Disclaimer: The content above represents only the views of the author. It does not represent any views or positions of Maxco and does not mean that Maxco agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the Maxco, Maxco does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

Recommend