Laporan Pajak Donald Trump Bikin Heboh, Dituding Bohong Soal Bisnisnya
detik · 22 Dec 2022 292 Views
Dunia Hari Ini: Donald Trump Terancam Tuntutan Pidana
Presiden AS Donald Trump/Foto: ABC Australia
Jakarta

Donald Trump melaporkan kerugian bisnis yang sangat signifikan pada tahun terakhirnya menjadi Presiden Amerika Serikat. Hal ini dinilai dapat membuat Trump terhindar dari pembayaran pajak penghasilan.

Dilansir dari BBC, Kamis (22/12/2022), Trump juga dilaporkan tidak melakukan pemeriksaan pajak selama dua tahun pertamanya menjabat. Meskipun pada aturannya mengharuskan peninjauan pengajuan pajak oleh presiden yang menjabat.

Pengungkapan kerugian perusahaan yang dilakukan Trump terjadi setelah Partai Demokrat, partai rival Trump, memilih untuk merilis catatan pajak Trump yang dinilai sangat janggal.

Trump bulan lalu meluncurkan laporan pengembalian pajaknya untuk Gedung Putih. Tetapi Demokrat mengatakan dokumen itu menimbulkan pertanyaan tentang praktik Trump.

Memang, Presiden AS tidak diharuskan oleh undang-undang untuk merilis pengembalian pajak mereka, tetapi selama beberapa dekade mereka melakukannya secara sukarela.

Di sisi lain, disebutkan ada motif lain yang ingin dilakukan Trump dari laporan tersebut. Dia disebut berusaha melindungi keuangan pribadinya.

Dokumen-dokumen yang dikeluarkan oleh House Ways and Means Committee sebagai hasil pencatatan yang berlangsung dari tahun 2015 hingga 2020 menunjukkan Trump dan istrinya, Melania, membayar beberapa bentuk pajak selama enam tahun.

Tapi di sisi lain mereka mampu memotong pajak penghasilan mereka dalam beberapa tahun. Hal itu terjadi karena pendapatan dari bisnis Trump tercatat mengalami dengan pengurangan dan kerugian.

Padahal, Trump dan istrinya Melania tercatat menghasilkan pendapatan investasi puluhan juta dolar setiap tahun. Tetapi mereka juga mengklaim pemotongan dan kerugian senilai jutaan dolar dalam bisnis mereka. Termasuk properti, secara tajam mengurangi pajak yang harus mereka bayar atas penghasilan mereka.

Partai Demokrat mengajukan pertanyaan tentang keabsahan beberapa catatan itu, mereka mengatakan otoritas pajak AS (Internal Revenue Service/IRS) telah gagal menyelidiki dengan benar.

Trump dan Melania melaporkan pendapatan kotor yang disesuaikan sebesar US$ 24,3 juta pada tahun 2018 dan membayar pajak bersih sebesar US$ 1 juta.

Sementara itu, pada tahun 2019 mereka melaporkan pendapatan sebesar US$ 4,4 juta pada tahun 2019 dan hanya membayar pajak sebesar US$ 134 ribu.

Reprinted from detik , the copyright all reserved by the original author.

Affected Trading Instrument

*Risk Disclaimer: The content above represents only the views of the author. It does not represent any views or positions of Maxco and does not mean that Maxco agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the Maxco, Maxco does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

Recommend