Prakiraan Harga Emas: Pembalikan XAU/USD? Emas Tertekan Meskipun Imbal Hasil Lebih Rendah
FXStreet · 03 Feb 2023 284 Views

XAU/USD Harga saat ini: $1.917,83

  • The Fed, BoE, dan ECB menaikkan suku bunga utama, lebih banyak lagi di depan.
  • Terlepas dari prospek dan penurunan tajam dalam imbal hasil obligasi, emas jatuh.
  • XAU/USD di bawah tekanan menjelang sesi Asia Jumat dan laporan NFP.

Emas 4jam
Emas spot mencapai $1.959 pada hari Kamis, level tertinggi sejak pertengahan April dan kemudian turun tajam, kehilangan semua kenaikan pasca-FOMC, mendekati $1.910. Pergerakan ke bawah terjadi di tengah pemulihan Dolar AS secara keseluruhan dalam sesi yang volatil. Pasar masih mencerna pertemuan kebijakan moneter sementara, pada saat yang sama, bersiap menghadapi laporan ketenagakerjaan resmi AS yang akan dirilis pada hari Jumat.

Indeks saham AS naik, melanjutkan rally FOMC. Pasar keuangan tidak bergerak bersamaan pada hari Kamis dan tidak bereaksi seperti yang diinginkan oleh para bankir bank sentral. European Central Bank (ECB) menaikkan suku bunga 50 basis poin. Presiden Christine Lagarde mengatakan bank berniat menaikkannya lagi sebesar 50bp pada bulan Maret. Lagarde terdengar hawkish, tetapi pasar bereaksi dengan rally obligasi. Imbal hasil 10-tahun Jerman mengalami salah satu penurunan terbesar sejak 2011, turun dari 2,29% ke serendah 2,04%. Imbal hasil obligasi AS juga lebih rendah, jatuh untuk hari kedua berturut-turut. Korelasi antara emas dan imbal hasil tidak berjalan seperti biasanya.

Penurunan tajam emas, lebih dari $30 dari tertinggi bulanan, terlihat seperti pembalikan tetapi masih terlalu dini, dan hari Jumat adalah hari NFP. Lingkungan yang volatil tidak membawa kejelasan pada prospek. Apa yang terjadi di pasar obligasi Eropa mengejutkan, dan beberapa reaksi dapat segera memicu pergerakan baru dalam obligasi dan komoditas.

Prospek Teknis Jangka Pendek Harga XAU/USD

XAU/USD bertahan di bawah area teknis $1.920, mengonfirmasi kemerosotan dalam prospek jangka pendek. Selama emas tetap di bawah level $1.920, penurunan menuju $1.900 mungkin terjadi. Grafik harian menunjukkan Simple Moving Average (SMA) 20-hari menunggu di $1.913. Penutupan harian di bawahnya akan menjadi yang pertama sejak awal November dan merupakan tanda negatif. Penurunan di bawah $1.900 dapat membuka kemungkinan ke koreksi yang lebih dalam, menargetkan zona $1.882.

Dalam waktu dekat, jika XAU/USD berhasil memulihkan level-level di atas $1.920, itu akan mengurangi tekanan bearish saat ini. Grafik 4-jam menawarkan bias negatif untuk emas. Indikator-indikator teknis mengarah ke bawah, baru-baru ini menembus di bawah garis tengahnya. Moving averages utama masih mengarah ke atas, tetapi harga telah turun di bawah SMA 20 dan 100.

Level-level support: 1.910,00 1.896,50 1.882,50

Level-level resistance: 1.935,70 1.950,65 1.966,15

Lihat Grafik Live XAU/USD

Reprinted from FXStreet , the copyright all reserved by the original author.

Affected Trading Instrument

*Risk Disclaimer: The content above represents only the views of the author. It does not represent any views or positions of Maxco and does not mean that Maxco agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the Maxco, Maxco does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

Recommend