Prakiraan Harga Emas: Penjual XAU/USD Kembali setelah Penolakan di Atas $1.750, Jackson Hole Dipantau
FXStreet · 24 Aug 2022 191 Views

  • Harga emas gagal untuk membangun dead cat bounce hari Selasa di tengah kebangkitan USD.
  • Kekhawatiran resesi tetap hidup tetapi fokus bergeser ke Simposium Jackson Hole The Fed.
  • XAU/USD terlihat pada titik kritis karena tarik-menarik pembeli-penjual dapat terjadi.

Harga emas berada di bawah $1.750 sejauh ini pada hari Rabu ini, berjuang untuk melanjutkan pemulihan sebelumnya di tengah permintaan dolar AS yang bangkit kembali. Meskipun penurunan baru dalam imbal hasil obligasi pemerintah AS membatasi setiap upaya penurunan dalam logam mulia. Investor menilai kembali risiko resesi yang akan segera terjadi di seluruh dunia setelah kawasan euro, IMP bisnis S&P Global awal Inggris, dan AS menunjukkan penurunan yang berkepanjangan dalam aktivitas ekonomi. Mengingat hal ini, para pedagang menahan diri untuk tidak menempatkan taruhan terarah pada emas, dengan Simposium Jackson Hole The Fed yang tinggal sehari lagi. Harga pasar untuk kenaikan suku bunga The Fed September yang terlalu besar telah turun menjadi 48% setelah data Amerika terbaru yang lemah. Pada hari Senin, CME FedWatch Tool menunjukkan peluang 55% dari kenaikan suku bunga 75 bp bulan depan. Pembeli emas menyambut berkurangnya ekspektasi Ketua The Fed Jerome Powell yang mengisyaratkan pandangan hawkish pada pengetatan kebijakan. Tetapi mereka diingatkan bahwa Raja dolar terus berkuasa di tengah meningkatnya permintaan akan aset yang aman, berkat kekhawatiran resesi dan meningkatnya kekhawatiran Tiongkok. Ekonomi terbesar kedua di dunia ini sedang berjuang melawan covid dan krisis energi, yang secara signifikan mempengaruhi prospek pertumbuhannya.

Setelah memulai minggu ini dengan pijakan yang salah, XAU/USD membuat koreksi yang layak pada hari Selasa, karena dolar dihancurkan dengan imbal hasil pada berita ekonomi AS yang mengecewakan. Data tersebut menunjukkan penjualan rumah baru jatuh ke level terendah 6-1/2 tahun pada bulan Juli sementara survei dari S&P Global menunjukkan ukuran aktivitas bisnis sektor swasta turun ke level terendah 27 bulan. Pasar mulai mendorong kembali ekspektasi hawkish mereka dari pidato Powell di Simposium Ekonomi Jackson Hole yang akan dirilis pada hari Jumat. Selain itu, pemulihan pada pasangan EUR/USD, di tengah-tengah laporan bahwa pipa Nord Stream 1 tidak akan ditutup untuk pemeliharaan tiga hari di stasiun kompresor lepas pantai Portovaya, memberikan tekanan penurunan lebih lanjut pada greenback.

Harga emas ditutup pada hari Selasa di atas $1.744, level Fibonacci Retracement (Fibo) 50% dari pemulihan dari posisi terendah tahunan $1.681 ke level tertinggi 10 Agustus di $1.808.

Namun, pembeli gagal menemukan penerimaan di atas level psikologis $1.750, mengingatkan kembali penjual pada hari Rabu ini. Relative Strength Index (RSI) 14 hari kembali berbalik ke selatan sementara di bawah garis tengah, menunjukkan bahwa tekanan penurunan dapat meningkat di sesi mendatang.

Menambah kepercayaan pada bias bearish, Moving Average (DMA) 50-Hari dengan cepat mendekati DMA 21 dari atas.

Rasio emas - Fibo 61,8% dari kenaikan yang sama di $1.729 sekarang berada di radar penjual. Penembusan berkelanjutan di bawah support Fibo 61,8% akan membuka sisi bawah menuju angka $1.700.

Di sisi lain, pembeli membutuhkan penutupan harian di atas level psikologis $1.750, di atasnya resistance Fibo 38,2% di $1.760 akan ditahan.

Lebih jauh ke atas, titik pertemuan DMA 21 dan 50 di $1.769 akan menjadi tantangan berat bagi pembeli XAU.

Reprinted from FXStreet , the copyright all reserved by the original author.

Affected Trading Instrument

*Risk Disclaimer: The content above represents only the views of the author. It does not represent any views or positions of Maxco and does not mean that Maxco agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the Maxco, Maxco does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

Recommend