Usai Dipecat, Mantan Bos ChatGPT Gabung ke Microsoft
detik · 21 Nov 2023 82.9K Views
Chief Executive Officer (CEO) OpenAI Samuel Altman menjadi orang asing pertama yang mendapatkan golden visa RI setelah aturan diundangkan akhir Agustus lalu.
Jakarta

Mantan bos ChatGPT, Sam Altman dikabarkan bergabung ke Microsoft. Ia akan memimpin tim peneliti AI tingkat lanjut di perusahaan itu. ChatGPT pun sudah menunjuk penggantinya yakni mantan bos Twitch, Emmet Shear.

Kedatangan Emmet ke ChatGPT dan kepindahan Altman ke Microsoft diumumkan oleh CEO Microsoft Satya Nadella di platform X yang dulu bernama Twitter pada Minggu (19/11/2023).

"Kami berharap dapat mengenal Emmett Shear dan tim kepemimpinan baru OAI serta bekerja sama dengan mereka," tulis Satya dikutip dari Reuters.

Satya kemudian menjelaskan, Microsoft berkomitmen terhadap kerja sama yang dijalin dengan OpenAI selaku perusahaan pengembang ChatGPT. Kendati demikian, seorang sumber anonim mengatakan Emmet disebut ditunjuk sebagai CEO sementara saja.

Keputusan untuk tidak mengangkat kembali Altman sebagai CEO OpenAI telah mengacaukan upaya investor dan karyawan untuk menstabilkan perusahaan setelah dewan perusahaan memecatnya pada Jumat (17/11). Pemecatannya menjadi sebuah langkah mengejutkan yang mengguncang dunia teknologi.

Banyak pihak yang khawatir pemecatan Altman akan berdampak terhadap pindahnya para talenta dari perusahaan itu serta menurunnya penjualan saham OpenAI senilai US$ 86 miliar atau Rp 1.325 triliun (kurs Rp 15.415) di masa yang akan datang.

Satya menjelaskan, Altman akan bergabung ke Microsoft untuk memimpin tim baru yang bergerak di penelitian AI tingkat lanjut. Sebelumnya dilaporkan, Sam sedang mendiskusikan kemungkinan kembali OpenAI dan mengubah struktur tata kelola perusahaan. Ia bahkan mempertimbangkan untuk meluncurkan usaha AI baru.

Dalam sebuah unggahan di X pada Minggu (19/11), Altman mengunggah gambar dirinya mengenakan penanda tamu OpenAi. Unggahannya bertuliskan "Ini adalah kali pertama dan terakhir saya memakai salah satu dari (bet) ini," tulisnya.

Adapun dalam unggahan yang lain, ia membagikan ulang pengumuman Satya dengan tulisan "misi berlanjut". Emmet merupakan pendiri Twitch dan mengundurkan di dari platform live streaming milik Amazon itu pada awal 2023.

Dua sumber menjelaskan sejumlah peneliti OpenAI, termasuk Szymon Sidor meninggalkan perusahaan setelah mendapat kabar penunjukan Emmet sebagai CEO sementara. Sejumlah karyawan yang 'putus asa' dikabarkan langsung keluar dari kantor pusat OpenAi di San Fransisco.

Seorang sumber yang mengetahui hal tersebut juga mengatakan, lusinan staf internal mengumumkan mereka keluar dari perusahaan pada Minggu malam (19/11). Sebagai informasi, OpenAI memulai kegilaan AI generatif setahun yang lalu dengan merilis ChatGPT. Chatbot itu menjadi salah satu aplikasi perangkat lunak dengan pertumbuhan tercepat di dunia.

Sebelumnya berdasarkan catatan detikcom, Perusahaan pengembang ChatGPT, OpenAI memecat Sam Altman dari jabatan Chief Executive Officer(CEO). Pemecatan ini dilakukan lantaran Altman dianggap tidak konsisten terhadap perkataannya.

Dalam sebuah pernyataan, OpenAI menyampaikan, ditemukan bahwa Altman tidak selalu jujur dalam komunikasinya dengan para dewan direksi. Kondisi ini menghambat kemampuan dewan melaksanakan tanggung jawabnya.

"Dewan tidak lagi percaya pada kemampuannya untuk terus memimpin OpenAI," kata perusahaan dalam pernyataannya dikutip dari CNN, Sabtu (18/11/2023).

Reprinted from detik , the copyright all reserved by the original author.

Affected Trading Instrument

*Risk Disclaimer: The content above represents only the views of the author. It does not represent any views or positions of Maxco and does not mean that Maxco agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the Maxco, Maxco does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

Recommend