Mantan Menlu AS Henry Kissinger Serukan Negosiasi Damai Rusia-Ukraina, Begini Penolakan Kiev
inews · 19 Dec 2022 713 Views

Diplomat veteran Amerika Serikat (AS) Henry Kissinger menyarankan adanya negosiassi damai dalam konflik Rusia-Ukraina. (Foto: SIndonews)

WASHINGTON, iNews.id - Diplomat veteran Amerika Serikat (AS) Henry Kissinger menyarankan adanya negosiassi damai dalam konflik Rusia-Ukraina. Sayangnya, seruan itu ditolak mentah-mentah oleh Kiev. 

Ukraina menyebut saran itu sebagai langkah menenangkan agresor. Selain itu, Kiev menegaskan tidak mungkin ada kesepakatan yang melibatkan penyerahan wilayah.

"Kissinger masih belum mengerti apa-apa ... baik sifat perang ini, maupun dampaknya terhadap tatanan dunia," kata pembantu presiden Ukraina Mykhailo Podolyak di Telegram.

Dia menjelaskan formula yang diajukan oleh mantan Sekretaris Negara itu sederhana yakni menenangkan agresor dengan mengorbankan bagian-bagian Ukraina dengan jaminan non-agresi terhadap negara-negara lain di Eropa Timur.

"Semua pendukung solusi sederhana harus mengingat hal yang sudah jelas: kesepakatan apa pun dengan iblis - perdamaian yang buruk dengan mengorbankan wilayah Ukraina - akan menjadi kemenangan bagi Putin dan formula kesuksesan bagi para otokrat di seluruh dunia," tambahnya. 

Sebelumnya, dalam sebuah essai dengan judul 'Bagaimana Menghindari Perang Dunia Lain' yang dimuat di  majalah The Spectator, Kissinger mendesak untuk dilakukannya pembicaraan damai. Proses perdamaian ini, bagaimanapun caranya, harus menghubungkan Ukraina dengan NATO. 

"Waktunya semakin dekat untuk membangun perubahan strategis yang telah dicapai dan mengintegrasikannya ke dalam struktur baru untuk mencapai perdamaian melalui negosiasi," tulisnya.

Reprinted from inews , the copyright all reserved by the original author.

Recommend