GBP/USD Tetap Tertekan di Bawah 1,2100 di Tengah Politik Inggris, Fokus pada IMP, Risalah The Fed dan NFP
FXStreet · 02 Jan 2023 544 Views
  • GBP/USD mundur dari tertinggi harian untuk mematahkan tren naik dua harinya.
  • Pemogokan buruh Inggris, resistensi PM Inggris Sunak pada reformasi pengasuhan anak ditambah dengan kekhawatiran geopolitik akan membebani Cable.
  • Libur di Inggris, AS membatasi pergerakan pasar saat 2023 dimulai.
  • Angka final IMP Inggris untuk bulan Desember, data ketenagakerjaan AS, dan Risalah FOMC adalah katalis penting minggu ini.

GBP/USD dalam penawaran jual untuk memangkas kenaikan dalam perdagangan harian di sekitar 1,2080, menggoda penjual untuk pertama kalinya dalam tiga hari, bahkan saat suasana liburan membatasi pergerakan langsung pasangan Cable.

Beberapa hal negatif seputar Inggris tampaknya telah memikat penjual GBP/USD akhir-akhir ini. Di antaranya adalah, Perdana Menteri (PM) Inggris Rishi Sunak yang mengesampingkan rencana perombakan besar-besaran sistem pengasuhan anak yang bertujuan menghemat uang orang tua dan membantu mereka kembali bekerja, seperti dilansir The Telegraph, mendapat perhatian besar.

Sejalan dengan itu adalah pembaruan seputar pemogokan buruh Inggris karena The Times melaporkan bahwa para menteri Inggris berpikir serikat pekerja akan kehabisan uang dan harus mundur tetapi serikat pekerja menolak klaim tersebut, menuduh pemerintah melakukan sabotase & mengatakan mereka memiliki kekuatan finansial. Selain itu, sanksi Inggris terhadap komandan-komandan militer Rusia dan pengusaha Iran, serta permintaan otoritas Pertahanan Inggris untuk lebih banyak pendanaan, juga tampaknya telah membatasi pembeli GBP/USD akhir-akhir ini.

Di tempat lain, data AS yang suram dan konsolidasi akhir tahun menyeret Indeks Dolar AS (DXY) untuk meraih terendah baru tujuh bulan pada hari sebelumnya. Namun demikian, Indeks Manajer Pembelian Chicago untuk Desember 44,9, lebih baik dari konsensus pasar 41,2 dan sebelumnya 37,2. Meski begitu, pengukur aktivitas mengisyaratkan kontraksi selama empat bulan berturut-turut.

Terhadap latar belakang ini, Wall Street ditutup dengan penurunan ringan tetapi imbal hasil obligasi Pemerintah AS pulih, yang pada gilirannya membatasi pembeli GBP/USD yang sebelumnya memegang kendali.

Ke depan, kalender ekonomi ringan dan libur di banyak pasar dapat menawarkan hari Senin yang membosankan tetapi permainan politik Inggris dapat menghibur para pedagang pasangan GBP/USD.

Untuk minggu ini, angka final aktivitas Inggris untuk bulan Desember dan laporan ketenagakerjaan AS untuk bulan tersebut akan menjadi penting bagi pedagang pasangan GBP/USD untuk mencari petunjuk arah yang jelas. Yang juga penting adalah Risalah pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC) terbaru di tengah penolakan The Fed terhadap bias dovish.

Secara keseluruhan, pembeli GBP/USD tampaknya kehabisan tenaga tetapi kurangnya partisipasi tampaknya membatasi pergerakan pasangan mata uang ini.

Analisis Teknis

SMA 200 di sekitar 1,2100 di depan garis atas segitiga di dekat 1,2110 akan membatasi kenaikan jangka pendek harga GBP/USD. Namun, perlu dicatat bahwa sinyal-sinyal MACD bullish dan RSI (14) yang lebih kuat, tidak overbought, ditambah dengan magnet psikologis 1,2000 akan membatasi penurunan langsung pasangan Cable.

level-level teknis GBP/USD

Tinjauan
Harga terakhir hari ini 1.2077
Perubahan harian hari ini -0.0013
Perubahan harian hari ini % -0.11
Pembukaan harian hari ini 1.209
 
Tren
SMA 20 Harian 1.2158
SMA 50 Harian 1.1906
SMA 100 Harian 1.1667
SMA 200 Harian 1.2046
 
Level
Tinggi Harian Sebelumnya 1.2108
Rendah Harian Sebelumnya 1.201
Tinggi Mingguan Sebelumnya 1.2126
Rendah Mingguan Sebelumnya 1.2002
Tinggi Bulanan Sebelumnya 1.2447
Rendah Bulanan Sebelumnya 1.1992
Fibonacci Harian 38,2% 1.207
Fibonacci Harian 61,8% 1.2047
Pivot Point Harian S1 1.203
Pivot Point Harian S2 1.1971
Pivot Point Harian S3 1.1933
Pivot Point Harian R1 1.2128
Pivot Point Harian R2 1.2167
Pivot Point Harian R3 1.2226

 

 

Reprinted from FXStreet , the copyright all reserved by the original author.

Affected Trading Instrument

*Risk Disclaimer: The content above represents only the views of the author. It does not represent any views or positions of Maxco and does not mean that Maxco agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the Maxco, Maxco does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

Recommend