Cara Trading Memanfaatkan Mother Bar-Inside Bar Combo
Seputar Forex · 22 Nov 2023 154.1K Views

Saat melakukan trading, kita selalu mencari cara untuk memaksimalkan keuntungan dan meminimalkan risiko. Salah satu cara untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan memanfaatkan pola candlestick yang efektif. Pola Mother Bar-Inside Bar Combo adalah salah satu pola candlestick yang dapat digunakan untuk memperoleh keuntungan dalam trading. Pola ini cukup populer di kalangan trader karena sifatnya yang mudah dikenali dan memberikan sinyal trading yang cukup akurat.

Pola ini biasanya terjadi setelah pergerakan harga yang signifikan dan menandakan terjadinya konsolidasi pasar. Ketika pola ini terbentuk, trader bisa mengambil keuntungan dari momentum pasar yang sedang berkonsolidasi dengan mengidentifikasi momen yang tepat untuk memasuki atau keluar dari pasar.

Meskipun pola Mother Bar-Inside Bar Combo terlihat sederhana, tetapi banyak trader masih belum memahami secara lengkap bagaimana menggunakannya dalam trading mereka. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kita akan membahas cara trading memanfaatkan pola Mother Bar-Inside Bar Combo secara efektif.

mother bar inside bar

Kami akan menjelaskan cara mengenali pola ini, menentukan titik masuk dan keluar yang tepat pada sebuah tren pasar, serta memberikan tips trading yang berguna untuk meningkatkan kemampuan trading Anda. Tanpa perlu berlama-lama lagi, yuk kita masuk ke pembahasan.

Pola candlestick Mother Bar-Inside Bar Combo adalah pola chart yang terdiri dari dua candlestick, yaitu mother bar (candlestick besar) dan inside bar (candlestick kecil). Pola ini terbentuk ketika sebuah candlestick besar (mother bar) diikuti oleh sebuah candlestick kecil (inside bar) yang berada dalam range mother bar.

Cara Trading Memanfaatkan Mother

Mother bar menunjukkan range pergerakan harga yang lebih besar dan biasanya muncul sebagai candlestick bullish atau bearish dengan body yang panjang. Sementara itu, inside bar menunjukkan range pergerakan harga yang lebih kecil dan biasanya muncul sebagai candlestick bullish atau bearish dengan body yang lebih pendek daripada mother bar.

Pola Mother Bar-Inside Bar Combo seringkali terjadi setelah sebuah pergerakan harga yang signifikan, dan menandakan terjadinya konsolidasi pasar. Pola ini dapat membantu trader untuk mengidentifikasi momen yang tepat untuk memasuki atau keluar dari pasar dan memperoleh keuntungan dari momentum pasar yang sedang berkonsolidasi.

Meskipun pola ini terlihat sederhana, namun trader harus memiliki pemahaman yang baik tentang bagaimana mengenali pola ini dan menggunakannya dalam trading mereka. Dalam trading, pola Mother Bar-Inside Bar Combo dapat digunakan bersamaan dengan indikator teknikal dan analisis fundamental untuk meningkatkan akurasi prediksi arah pergerakan harga dan mengambil keuntungan dari pasar.

Untuk setup buy menggunakan pola candlestick Mother Bar-Inside Bar Combo, ada beberapa langkah yang perlu diikuti. Langkah pertama adalah mencari candlestick bullish yang panjang sebagai mother bar, yang diikuti oleh satu atau lebih inside bar kecil. Setelah menemukan setup ini, tunggu hingga candlestick selanjutnya terbentuk.

Cara Trading Memanfaatkan Mother

Jika candlestick selanjutnya juga bullish besar dan menembus high mother bar pertama, maka pola tersebut dianggap valid dan Anda bisa memasuki posisi buy.

Untuk setup sell menggunakan pola candlestick Mother Bar-Inside Bar Combo, langkah pertama yang harus diperhatikan adalah mencari candlestick bearish panjang sebagai mother bar, yang diikuti dengan satu atau lebih inside bar kecil. Setelah menemukan kondisi ini, tunggu hingga terbentuknya candlestick berikutnya.

Cara Trading Memanfaatkan Mother

Setelahnya, perlu dilihat apakah candlestick selanjutnya juga bearish dan cukup besar untuk menembus low mother bar pertama. Jika kondisi ini terpenuhi, maka kita bisa masuk posisi sell.

Sekarang mari kita masuk ke contoh trading menggunakan mother bar-inside bar combo.

Cara Trading Memanfaatkan Mother

Melihat gambar di atas, terlihat adanya mother bar bullish yang kuat dan diikuti oleh tiga inside bar yang tetap berada di dalam mother bar tersebut. Kemudian, candlestick bullish besar kedua terlihat naik kuat hingga menutup semua inside bar sebelumnya. Dari sini, dapat diketahui bahwa setup ini sangat kuat, sehingga adanya konfirmasi pola ini dapat dianggap sebagai sinyal untuk memasuki posisi buy.

Namun, perlu diingat bahwa jika Anda hanya mengandalkan mother bar dan inside bar untuk masuk posisi buy tanpa konfirmasi, maka kemungkinan besar akan mengalami banyak loss. Hal ini didasarkan pada pengalaman pribadi penulis yang pernah mengalami kondisi tersebut. Dalam banyak kasus, harga seringkali kembali ke zona-zona tersebut dan mulai turun lagi.

Cara Trading Memanfaatkan Mother

Oleh karena itu, sangat penting untuk berhati-hati saat memasuki pasar. Jangan terlalu rakus dan melakukan tindakan impulsif tanpa adanya konfirmasi yang cukup. Jika tidak ada konfirmasi, maka setup ini bukanlah kesempatan yang tepat untuk masuk posisi. Lebih baik terus mengamati pergerakan harga dan menanamkan manajemen risiko yang baik untuk meminimalkan kerugian pada saat terjadi kesalahan dalam menganalisis situasi pasar.

Cara Trading Memanfaatkan Mother

Perhatikan gambar di atas. Anda bisa melihat terbentuk candlestick bearish yang kuat, disusul dengan tiga inside bar. Selanjutnya, perhatikan candlestick bearish lain yang mampu menutup semua candlestick sebelumnya. Dalam konteks ini, kondisi ini disebut sebagai setup yang sempurna dan memberikan peluang untuk menangkap pergerakan pasar yang besar jika diikuti dengan masuk posisi pada setup yang tepat.

Namun, trader sering melakukan kesalahan dengan menempatkan trade terlalu cepat tanpa menunggu konfirmasi yang cukup, seperti hanya masuk posisi dengan mengandalkan mother bar pertama dan beberapa inside bar. Kebiasaan seperti ini dapat menyebabkan kerugian yang signifikan.

Sebuah pertanyaan muncul, apakah pasar akan turun dari titik ini atau tidak? Dalam pengalaman penulis, harga seringkali bergerak dari zona-zona tersebut. Oleh karena itu, sangat penting untuk menunggu konfirmasi sebelum memasuki pasar.

Cara Trading Memanfaatkan Mother

Perlu diingat, ketika Anda melihat candlestick bearish kedua yang kuat, itu artinya masih ada tekanan seller yang kuat di pasar. Masih ada seller yang menguasai pasar dan inside bar hanyalah waktu istirahat pasar dalam merespons pergerakan harga. Oleh karena itu, posisi sell yang ideal adalah mengambil posisi setelah harga menembus low mother bar pertama dengan kuat, sehingga dapat meminimalkan risiko dan meningkatkan peluang profitabilitas.

Ada 2 tips penting yang akan menaikkan akurasi dan rasio risk/reward saat trading menggunakan strategi ini. Dua hal ini adalah struktur market dan candle konfirmasi yang kuat.

Jika Anda perhatikan dengan seksama, strategi ini pada dasarnya mengikuti tren yang sudah terbentuk atau dengan kata lain termasuk strategi follow the trend.

Strategi Mother Bar-Inside Bar Combo sebaiknya digunakan hanya ketika market sedang trending kuat. Oleh karena itu, ketika Anda melakukan trading dengan strategi ini, Anda harus memperhatikan dengan seksama kondisi pasar yang terjadi. Hal ini sangat penting untuk memastikan bahwa tren tersebut cukup kuat agar stop loss tidak terkena dan harga langsung menuju TP searah dengan tren.

Dalam mengimplementasikan strategi ini, Anda harus menghindari menggunakannya dalam kondisi market sideways atau tren lemah. Jika tidak, hal ini dapat mengakibatkan potensi kerugian yang lebih tinggi. Oleh karena itu, perhatian sangat diperlukan agar dapat menilai dengan akurat kondisi pasar sebelum memasuki pasar.

Selain itu, jika Anda adalah seorang scalper atau day trader, sebaiknya menggunakan strategi ini pada saat sesi dengan volatilitas tinggi seperti sesi London atau New York untuk meningkatkan peluang keberhasilan trading dengan strategi ini. Dalam hal ini, cermat dan teliti dalam memilih waktu entry dan exit merupakan kunci utama untuk mencapai keberhasilan dalam using Mother Bar-Inside Bar Combo Strategy.

Selain kondisi market dalam trending, yang juga perlu diperhatikan ialah candlestick konfirmasi yang kuat. Candle konfirmasi yang kuat adalah kunci dalam membuka posisi yang akurat dengan strategi ini.

Candle konfirmasi pada dasarnya adalah candlestick yang menunjukkan pergerakan harga yang kuat, ditandai dengan candlestick signifikan dan searah dengan tren. Ini adalah sinyal bahwa tren yang terbentuk cukup kuat dan memungkinkan trader untuk memasuki pasar dengan keyakinan yang lebih besar.

Candle konfirmasi yang kuat berbeda-beda tergantung pada kondisi pasar dan tren yang terbentuk, tetapi umumnya didefinisikan sebagai candlestick yang memiliki range atau body yang besar, serta volume yang signifikan. Dalam hal ini, seorang trader harus menyelidiki dengan seksama grafik harga serta melakukan analisis teknikal yang lebih mendalam sebelum memutuskan apakah candlestick tersebut dapat dijadikan sebagai candle konfirmasi yang kuat atau tidak.

Dalam menggunakan strategi Mother Bar-Inside Bar Combo, menggunakan candle konfirmasi yang kuat sangat penting untuk meningkatkan akurasi posisi dan meminimalkan risiko yang terjadi.

Bagi trader yang tidak menggunakan money management, sebaiknya hindari strategi mother bar inside bar combo ini. Karena jika Anda tidak memiliki money management, Anda akan tergoda untuk merisikokan semua modal trading Anda dalam satu trade ketika menemukan setup yang Anda lihat sempurna atau menggunakan 20/30% modal dalam satu peluang.

Tidak peduli seberapa sempurna setup yang terbentuk, selalu gunakan money management dengan risiko per transaksi tidak lebih dari 3% modal dalam satu peluang. Pasar sudah ada sebelumnya dan akan ada di masa depan. Jadi, Anda tidak perlu buru-buru cepat kayak arena tidak ada yang mengambil keberuntungan Anda.

Menemukan sebuah setup yang bagus tidak berarti bahwa Anda tidak akan menemukan setup seperti ini lain kali. Lakukan trading dengan mengikuti money management yang tepat. Jika Anda tidak menggunakan money management, ingatlah bahwa keserakahan Anda akan menghabiskan seluruh modal Anda hari ini atau suatu hari nanti.

Dalam perdagangan saham, forex, atau kripto, Mother Bar-Inside Bar Combo adalah salah satu strategi trading yang dapat membantu meningkatkan peluang profitabilitas. Dalam menggunakan strategi ini, sangat penting untuk mengamati kondisi pasar dengan seksama dan menunggu konfirmasi yang valid sebelum masuk ke dalam pasar. Selain itu, penting untuk menggunakan manajemen risiko yang baik untuk meminimalkan kerugian dalam perdagangan.

Dengan memperhatikan tips-tips trading Mother Bar-Inside Bar Combo yang telah disebutkan sebelumnya serta melakukan analisis pasar yang tepat, Anda dapat meningkatkan kemungkinan mendapatkan hasil trading yang baik dan berhasil dalam berbisnis di pasar saham, forex, atau kripto. Semoga artikel ini dapat membantu Anda menjadi lebih sukses dalam trading.

Reprinted from Seputar Forex , the copyright all reserved by the original author.

Affected Trading Instrument

*Risk Disclaimer: The content above represents only the views of the author. It does not represent any views or positions of Maxco and does not mean that Maxco agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the Maxco, Maxco does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

Recommend