Pembeli USD/JPY Bergerak Masuk dan Incar Koreksi Menuju 129,50
FXStreet · 16 Jan 2023 49 Views
  • Penjual USD/JPY tergantung pada sentimen bank sentral.
  • USD/JPY tertekan di bawah resistance garis tren dan para penjual mengincar 126,55.
  • Pembeli mencari koreksi untuk memberi penjual dengan harga murah ke 129,50

USD/JPY tertekan karena sejumlah tema makro yang berdampak, termasuk pivot Bank of Japan baru-baru ini, sentimen hawkish Federal Reserve yang menurun dan data disinflasi ekonomi AS. Pada saat penulisan, USD/JPY diperdagangkan pada 128,00 menjelang keputusan Bank of Japan dan setelah berita utama pekan lalu (Rabu). Indeks Harga Konsumen AS (Kamis lalu) juga membantu menekan pasangan mata uang ini.

USD/JPY turun menjauh dari resistance garis tren pada hari Rabu sebelum acara Indeks Harga Konsumen yang sangat dinanti-nantikan pada hari Kamis ketika berita utama tentang Bank of Japan, seperti yang dilaporkan oleh media Jepang Yomiuri, beredar di berita. Berita tersebut mengisyaratkan bahwa bank sentral Jepang siap untuk meninjau efek samping dari pelonggaran moneter besar-besaran dalam pertemuan kebijakan moneter minggu depan. "BoJ meninjau karena suku bunga miring di pasar bahkan setelah penyesuaian bulan lalu dalam kebijakan pengendalian imbal hasil obligasi," tambah Yomiuri menurut Reuters. Akibatnya, Yen bergerak lebih tinggi tajam versus Greenback dan menembus 130 dan mencapai 129,60 menjelang data IHK AS yang mendorong harga lebih rendah ke 127,45.

Sementara itu, meskipun ada prospek poros The Fed, ada pengamat yang skeptis terhadap Federal Reserve. Para analis di TD Securities berpendapat bahwa ''sementara ruang logam mulia tidak lagi dalam mode jual, terus ada risiko koreksi karena tidak semua yakin bahwa inflasi telah dikalahkan dan bahwa bank sentral AS siap untuk menjadi kurang ketat dalam waktu dekat.

Para analis di Brown Brothers Harriman berpendapat bahwa ''PCE inti sebagian besar telah berada dalam kisaran 4,5-5,5% sejak November 2021 dan kami pikir The Fed perlu melihat peningkatan lebih lanjut bahkan sebelum merenungkan segala jenis poros.

"WIRP menunjukkan kenaikan 25 bp pada 1 Februari sepenuhnya diprakirakan, dengan peluang hampir 30% untuk langkah 50 bp yang lebih besar. Kenaikan sebesar 25 bp lainnya pada 22 Maret sepenuhnya dihargai, sementara satu kenaikan 25 bp terakhir di Kuartal 2 hampir 45% diprakirakan yang akan membawa pagu suku bunga The Fed Funds hingga 5, 25%. Namun, pasar swap terus memprakirakan dalam siklus pelonggaran pada akhir tahun dan kami tidak melihat hal itu terjadi."

Analisis Teknis USD/JPY

Pasangan mata uang ini terus melemah dan mengincar 126,50-an. Namun, formasi M harian dapat menahan para penjual dan menarik tawaran beli menuju 129,50-an sebelumnya.

Reprinted from FXStreet , the copyright all reserved by the original author.

Affected Trading Instrument

*Risk Disclaimer: The content above represents only the views of the author. It does not represent any views or positions of Maxco and does not mean that Maxco agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the Maxco, Maxco does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

Recommend