Prakiraan EUR/USD: Pembeli Menunggu Alasan untuk Melanjutkan Pembelian
FXStreet · 20 Jan 2023 102 Views

Harga EUR/USD Saat Ini: 1,0825

  • Para pejabat Bank Sentral Eropa yang hawkish mendukung Euro dalam lingkungan yang menghindari risiko.
  • Dolar AS mendapati permintaan dalam kekhawatiran baru terkait pertumbuhan yang membebani aset berimbal hasil tinggi.
  • EUR/USD netral dalam waktu dekat, namun risikonya tetap cenderung ke sisi atas.

EUR/USD

Pasangan EUR/USD membukukan kenaikan moderat pada hari Kamis, mengakhiri hari di sekitar 1,0820. Permintaan terhadap Dolar Amerika terus berlanjut di tengah penghindaran risiko yang terus berlanjut, meskipun komentar hawkish dari pejabat Bank Sentral Eropa (ECB) membuat Euro bertahan. Yang pertama kali berkomentar adalah Klaas Knot, yang mengatakan bahwa akan ada lebih dari satu kali kenaikan suku bunga sebesar 50 basis poin (bp), dan menambahkan bahwa para pelaku pasar mungkin meremehkan komitmen ECB untuk menjinakkan harga.

Dia diikuti oleh Presiden ECB Christine Lagarde, yang mengatakan bahwa bank sentral akan tetap berada di jalur kenaikan suku bunga, dan menambahkan bahwa pasar tenaga kerja di Eropa tidak pernah semeriah sekarang. Lebih relevan lagi, ia mengatakan bahwa mereka tidak melihat ekspektasi inflasi yang tidak mendukung. Euro berhasil naik ke 1,0837 setelah pidatonya, namun tidak ada tindak lanjut di tengah pelemahan aset berimbal hasil tinggi.

Ekuitas menguat pada kuartal terakhir tahun 2022 dengan harapan bank sentral akan mulai memperlambat laju pengetatan suku bunga di tengah meredanya tekanan inflasi. Pada gilirannya, kenaikan suku bunga yang lebih kecil akan menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang lebih berkelanjutan. Namun, pasar saham telah bergerak terlalu cepat, dan dengan pejabat bank sentral yang mengklarifikasi bahwa mereka belum selesai dengan kenaikan suku bunga, minat spekulatif bergegas melepas posisi beli.

Dari sisi data, tidak banyak yang perlu diperhatikan. Zona Euro menerbitkan Neraca Transaksi Berjalan bulan November, yang membukukan surplus yang disesuaikan secara musiman sebesar €13,6 miliar, jauh lebih baik daripada defisit sebelumnya sebesar €0,58 miliar. Di seberang Atlantik, Amerika Serikat merilis data Perumahan Baru dan izin Membangun Bangunan bulan Desember, yang masing-masing turun 1,4% dan 1,6%. Selain itu, Klaim Pengangguran Awal untuk pekan yang berakhir 13 Januari meningkat menjadi 190 ribu, mengalahkan ekspektasi, sementara Survei Manufaktur Fed Philadelphia bulan Januari berada di -8,9, lebih baik dari -13,7 sebelumnya.

Pada hari Jumat, Jerman akan merilis Indeks Harga Produsen (IHP) bulan Desember, yang sebelumnya naik 28,2% YoY. AS akan merilis data Penjualan Rumah yang Ada bulan Desember.

Prospek Teknikal EUR/USD Jangka Pendek

Dari sudut pandang teknikal, pasangan EUR/USD berada dalam fase konsolidasi dan memiliki ruang untuk melanjutkan kenaikan. Pasangan ini terus berkembang di atas level Fibonacci kritis, retracement 61,8% dari penurunan 2022 di 1,0745. Indikator teknikal pada grafik harian tidak memiliki kekuatan arah namun bertahan dalam level positif tanpa menunjukkan kelelahan ke atas. Terakhir, Simple Moving Average (SMA) 20 mengarah ke utara di bawah level saat ini dan berada di atas level yang lebih tinggi.

EUR/USD netral dalam waktu dekat. Grafik 4 jam menunjukkan bahwa pasangan ini menghabiskan sebagian besar hari di sekitar SMA 20 yang sedikit bearish sementara indikator teknikal tetap tidak memiliki arah di sekitar garis tengahnya. SMA 100 dan 200 mempertahankan kemiringan ke atas lebih dari 100 pip di bawah level saat ini. Tekanan beli yang baru mendorong pasangan ini melewati 1,0870 akan mengarah pada kenaikan yang lebih curam di luar angka 1,0900.

Level-level support: 1,0790 1,0745 1,0690

Level-level resistance: 1,0870 1,0910 1,0950

Lihat Grafik Live EUR/USD

Reprinted from FXStreet , the copyright all reserved by the original author.

Affected Trading Instrument

*Risk Disclaimer: The content above represents only the views of the author. It does not represent any views or positions of Maxco and does not mean that Maxco agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the Maxco, Maxco does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

Recommend