Analisis AUD/USD: Rally ke Puncak Baru Multi-Bulan karena Data Inflasi yang Lebih Kuat
FXStreet · 25 Jan 2023 2.5K Views
  • AUD/USD melonjak ke level tertinggi lebih dari lima bulan sebagai reaksi terhadap angka IHK Australia yang lebih kuat.
  • Data ini meningkatkan spekulasi kenaikan suku bunga lebih lanjut oleh RBA dan memicu serangan aksi short-covering baru.
  • Ekspektasi untuk Fed yang tidak terlalu agresif membuat USD tetap bertahan dan tetap mendukung.

Pasangan AUD/USD mendapatkan traksi positif yang kuat untuk empat hari berturut-turut dan merebut kembali level 0,7100 untuk pertama kalinya sejak pertengahan Agustus selama sesi Asia pada hari Rabu. Dolar Australia melonjak sebagai reaksi atas angka inflasi konsumen domestik yang lebih kuat, memberikan alasan bagi Reserve Bank of Australia (RBA) untuk terus menaikkan suku bunga. Biro Statistik Australia melaporkan bahwa IHK utama naik 1,9% dalam tiga bulan hingga Desember, lebih tinggi dari 1,6% yang diantisipasi dan pembacaan kuartal sebelumnya sebesar 1,8%. Lebih jauh lagi, tingkat tahunan meningkat dari 7,3% di kuartal ketiga menjadi 7,8% - menandai level tertinggi sejak 1990.

Data tersebut mematahkan ekspektasi bahwa RBA akan menghentikan kampanye pengetatannya dan memicu aksi short-covering baru di sekitar Dolar Australia. Selain itu, nada yang secara umum positif di pasar ekuitas Asia ternyata menjadi faktor lain yang mendorong arus ke arah Dolar Australia yang sensitif terhadap risiko. Hal ini, bersama dengan pergerakan harga Dolar AS yang lemah, memberikan dorongan tambahan pada pasangan AUD/USD dan tetap mendukung momentum positif yang sedang berlangsung. Indeks USD, yang mengukur kinerja Greenback terhadap sekeranjang mata uang, tetap tertekan di dekat level terendah sembilan bulan di tengah meningkatnya spekulasi pengetatan kebijakan yang tidak terlalu agresif oleh Federal Reserve.

Faktanya, pasar tampaknya yakin bahwa bank sentral AS akan melunakkan sikap hawkish-nya dan telah memprakirakan kenaikan suku bunga yang lebih kecil sebesar 25 bp di bulan Februari. USD juga terbebani oleh IMP AS yang dirilis pada hari Selasa, yang menunjukkan bahwa aktivitas bisnis di sektor manufaktur dan jasa terus mengalami kontraksi di bulan Januari. Sementara itu, penurunan ini, untuk pertama kalinya sejak September, sedikit memberi kelonggaran pada kenaikan USD. Meskipun demikian, kekhawatiran tentang penurunan ekonomi global yang lebih dalam tampaknya menguntungkan status safe-haven relatif Greenback dan mungkin membatasi kenaikan lebih lanjut untuk pasangan AUD/USD, setidaknya untuk saat ini.

Namun demikian, latar belakang fundamental tampaknya cenderung dengan kuat mendukung para pedagang bullish dan mendukung prospek untuk langkah apresiasi jangka pendek tanpa adanya data makro AS yang relevan. Fokus pasar saat ini bergeser ke data PDB Lanjutan AS kuartal keempat, yang dijadwalkan akan dirilis pada hari Kamis. Hal ini, bersama dengan Indeks Harga PCE Inti pada hari Jumat, akan mempengaruhi strategi suku bunga the Fed dan mendorong permintaan USD menjelang pertemuan kebijakan FOMC yang sangat dinanti-nantikan minggu depan.

Prospek Teknikal

Dari perspektif teknikal, pergerakan positif pada hari Rabu mendorong pasangan AUD/USD melampaui level retracement Fibonacci 61,8% dari penurunan April-Oktober 2022. Hal ini terjadi setelah penembusan baru-baru ini melalui SMA 200-hari yang sangat penting dan menambah kepercayaan pada prospek positif jangka pendek. Oleh karena itu, pergerakan selanjutnya untuk menguji swing high Agustus 2022, di sekitar zona 0,7130-0,7135, terlihat sebagai kemungkinan yang berbeda. Beberapa aksi beli lanjutan berpotensi mengangkat harga spot lebih jauh dan memungkinkan para pembeli untuk merebut kembali angka bulat 0,7200 untuk pertama kalinya sejak Juni 2022.

Di sisi lain, area 0,7065-0,7060 saat ini tampaknya melindungi sisi bawah langsung di depan level psikologis 0,7000. Kegagalan untuk mempertahankan level support tersebut dapat mendorong beberapa penjualan teknikal dan menyeret pasangan AUD/USD kembali ke level 0,6900. Yang terakhir diikuti oleh ujung bawah dari saluran tren naik jangka pendek yang memanjang dari level terendah Oktober 2022, saat ini di sekitar area 0,6865, yang seharusnya menjadi dasar yang kuat untuk harga spot. Penembusan yang meyakinkan di bawah support saluran tren akan meniadakan prospek positif dan menggeser bias jangka pendek untuk mendukung para pedagang bearish.

AUD/USD

Reprinted from FXStreet , the copyright all reserved by the original author.

Affected Trading Instrument

*Risk Disclaimer: The content above represents only the views of the author. It does not represent any views or positions of Maxco and does not mean that Maxco agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the Maxco, Maxco does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

Recommend