Prakiraan EUR/USD: Data IMP Tidak Dapat Mengangkat Euro Keluar dari Kegelapan
FXStreet · 23 Aug 2022 141 Views
  • EUR/USD telah melakukan pemulihan suram setelah survei IMP.
  • Teknikal jangka pendek menunjukkan bahwa pasangan mata uang ini tetap sangat oversold.
  • Perbaikan yang moderat dalam sentimen risiko dapat membatasi kenaikan dolar.

EUR/USD telah pulih secara moderat setelah menyentuh level terlemahnya dalam hampir dua dekade di 0,9900. Prospek teknikal jangka pendek menunjukkan bahwa pasangan mata uang ini tetap sangat oversold dan sentimen pasar yang membaik menunjukkan bahwa pasangan mata uang ini dapat melanjutkan pemulihannya. Namun, faktor-faktor mendasar yang membebani pasangan mata uang ini tetap ada, menunjukkan bahwa upaya pemulihan kemungkinan akan tetap sebagai koreksi teknis.

Data yang diterbitkan oleh S&P Global menunjukkan pada hari Selasa bahwa aktivitas bisnis sektor swasta di Jerman dan Zona Euro terus berkontraksi pada awal Agustus. IMP Gabungan untuk Jerman turun ke 47,6 dari 48,1 pada bulan Juli dan untuk Zona Euro turun tipis ke 49,2 dari 49,9. Meskipun pembacaan ini sedikit lebih baik dari perkiraan analis, mereka gagal membantu mata uang bersama secara substansial.

Mengomentari survei IMP Zona Euro, "data IMP terbaru untuk Zona Euro menunjukkan bahwa ekonomi dalam kontraksi selama kuartal ketiga tahun ini," kata Andrew Harker, Direktur Ekonomi di S&P Global Market Intelligence. "Tekanan biaya hidup berarti bahwa pemulihan di sektor jasa setelah pencabutan pembatasan pandemi telah surut, sementara manufaktur tetap terperosok dalam kontraksi pada bulan Agustus, melihat rekor akumulasi stok barang jadi karena perusahaan tidak dapat mengalihkan produk dalam lingkungan permintaan yang menurun."

Pada paruh kedua hari ini, S&P Global akan merilis survei awal IMP Manufaktur dan Jasa untuk AS. Penjualan Rumah Baru bulan Juli juga akan ditampilkan dalam agenda ekonomi AS. Jika data ini mengecewakan, para investor dapat melihat ini sebagai peluang untuk membukukan keuntungan mereka dan menyebabkan dolar kehilangan kekuatan terhadap para pesaingnya.

Selanjutnya, indeks saham berjangka AS terakhir terlihat naik antara 0,25% dan 0,35%. Pemulihan dalam indeks utama Wall Street juga dapat membatasi kenaikan greenback dan membantu EUR/USD naik lebih tinggi.

Analisis Teknis EUR/USD

Indikator Relative Strength Index (RSI) pada grafik empat jam belum keluar dari zona oversold di bawah 30. EUR/USD tampaknya telah menemui support di 0,9900 dan selama level ini tetap utuh, kenaikan pemulihan lebih lanjut menuju 1,0000 (level psikologis) dapat disaksikan. Jika para penjual absen dan level ini dikonfirmasi sebagai support, target pemulihan berikutnya dapat ditetapkan di 1,0025 (SMA periode 20) dan 1,0050 (level statis).

Pada sisi negatifnya, penutupan pada grafik empat jam di bawah 0,9900 dapat membuka jalan untuk penurunan yang berlanjut menuju 0,9870 (area resistance sebelumnya dari Oktober 2002) dan 0,9800 (level psikologis).

Reprinted from FXStreet , the copyright all reserved by the original author.

Affected Trading Instrument

*Risk Disclaimer: The content above represents only the views of the author. It does not represent any views or positions of Maxco and does not mean that Maxco agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the Maxco, Maxco does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

Recommend