EUR/USD Lanjutkan Konsolidasi di Bawah Paritas di Tengah Penguatan Dolar
FXStreet · 29 Aug 2022 989 Views

  • EUR/USD tetap defensif di bawah level paritas.
  • Nada penawaran beli dalam greenback telah meningkat setelah pidato Powell.
  • Perhatian pasar sekarang tertuju pada pidato Brainard dari FOMC.

EUR/USD tetap di bawah tekanan di ujung bawah kisaran baru-baru ini jauh di bawah zona paritas pada hari Senin.

EUR/USD dapat mengunjungi kembali terendah 2022

EUR/USD menambah penolakan Jumat dari sekitar level 1,0100 dan diperdagangkan tidak jauh dari area 0,9900 pada awal minggu di tengah penilaian ulang investor terhadap pidato Powell Jumat lalu.

Memang, pidato Powell di sisi hawkish seperti yang diperkirakan secara luas, tidak mengubah peluang kelanjutan sikap saat ini untuk menurunkan inflasi dan juga meredam kemungkinan pergeseran ke sikap moneter yang lebih longgar di beberapa titik di tahun 2023 (penurunan suku bunga).

Karena pelaku pasar terus menyesuaikan diri dengan komentar Powell, imbal hasil AS melanjutkan kenaikan – terutama di short end kurva – dan dolar mengumpulkan daya tarik lebih lanjut ke level-level yang terakhir terlihat hampir dua dekade lalu.

Tidak ada data di Euroland pada hari Senin, sedangkan pidato oleh L. Brainard dari FOMC akan menjadi pusat perhatian.

Apa yang harus diamati di sekitar EUR

Upaya bullish sesekali dalam EUR/USD tetap tidak meyakinkan dan tampaknya telah menghasilkan peluang jual untuk saat ini.

Sejauh ini, aksi harga di sekitar mata uang Eropa diperkirakan akan mengikuti dinamika dolar, kekhawatiran geopolitik, kekhawatiran fragmentasi, dan divergensi The Fed-ECB. Namun, potensi pergeseran ke sikap yang lebih hawkish dari para pembuat kebijakan ECB pada jalur suku bunga bank bisa menjadi sumber kekuatan bagi euro.

Yang negatif untuk mata uang tunggal adalah spekulasi yang sejauh ini meningkat terhadap potensi resesi di wilayah tersebut, yang terlihat ditopang oleh penurunan dalam pengukur-pengukur sentimen dan perlambatan yang sudah diantisipasi di beberapa fundamental.

Peristiwa penting di kawasan euro minggu ini: Keyakinan Konsumen Final UME, Sentimen Ekonomi, Tingkat Inflasi Flash Jerman (Selasa) – Tingkat Inflasi Flash Prancis, Tingkat Inflasi Flash Italia, Tingkat Inflasi Flash UME, Perubahan Pengangguran Jerman, Tingkat Pengangguran (Rabu) – Penjualan Ritel Jerman, IMP Manufaktur Final, IMP Manufaktur Final UME, Tingkat Pengangguran UME (Kamis) – Neraca Perdagangan Jerman (Jumat).

Masalah utama yang memengaruhi: Kelanjutan siklus kenaikan suku bunga ECB. Pemilu Italia pada akhir September. Risiko fragmentasi di tengah normalisasi kondisi moneter ECB. Dampak perang Ukraina dan persistennya krisis energi pada prospek pertumbuhan dan prospek inflasi kawasan.

Level-level EUR/USD yang harus diperhatikan

Sejauh ini, spot turun 0,26% di 0,9938 dan penembusan di bawah 0,9899 (terendah 2022 pada 23 Agustus) akan menargetkan 0,9859 (terendah Desember 2002) kemudian 0,9685 (terendah Oktober 2022). Di sisi lain, resistance berikutnya di 1,0090 (tertinggi mingguan 26 Agustus) diikuti oleh 1,0202 (tertinggi 17 Agustus) dan 1,0237 (SMA 55-hari).

Reprinted from FXStreet , the copyright all reserved by the original author.

Affected Trading Instrument

*Risk Disclaimer: The content above represents only the views of the author. It does not represent any views or positions of Maxco and does not mean that Maxco agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the Maxco, Maxco does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

Recommend