Penjual AUD/USD Mendominasi di Bawah 0,6800 karena data Tiongkok/Australia yang Beragam, Pantau RBA
FXStreet · 05 Sep 2022 765 Views
  • AUD/USD bertahan lebih rendah di dekat level terendah dalam tujuh pekan , membalikkan kenaikan hari Jumat.
  • Data yang beragam dari data tingkat kedua dari Australia/Tiongkok, tantangan terhadap sentimen memberikan tekanan ke bawah.
  • Hari libur di AS dan Kanada membatasi momentum menjelang RBA dan PDB Australia.

AUD/USD menerima penawaran beli sehingga menyentuh kembali terendah dalam perdagangan harian di dekat 0,6780 karena para penjual membalikkan pergerakan korektif hari sebelumnya di tengah tantangan terhadap selera risiko. Yang juga membebani pasangan barometer risiko ini adalah statistik yang baru-baru ini muncul dari Australia dan Tiongkok, yang merupakan pelanggan terbesarnya. Namun, harus dicatat bahwa liburan Hari Buruh di AS dan Kanada membatasi pergerakan pasar meskipun ada beberapa katalis risiko-negatif.

IMP Jasa Caixin Tiongkok turun ke 55,0 pada bulan Agustus, dibandingkan 55,5 pada pembacaan sebelumnya. Dengan demikian, pengukur aktivitas swasta melacak IMP utama dari negara naga tersebut yang baru-baru ini mengisyaratkan pesimisme bagi para pemain industri terbesar di dunia itu.

Di dalam negeri, Indeks Kinerja Konstruksi AiG dan IMP Jasa Global S&P untuk bulan Agustus meningkat di bulan tersebut, sementara Inflasi Sekuritas TD turun ke -0,5% selama bulanan yang dinyatakan, dibandingkan 1,2% sebelumnya. Selanjutnya, Iklan Lowongan Pekerjaan ANZ Australia meningkat ke 2,0% dibandingkan dengan -1,1% sebelumnya sedangkan Laba Operasi Kotor Perusahaan untuk kuartal kedua (Q2) naik melewati prakiraan pasar 4,0% ke 7,0%, dibandingkan dengan pembacaan sebelumnya 10,2%.

Di tempat lain, Kontrak Berjangka S&P 500 mencetak kenaikan tipis sementara hari libur AS membatasi pergerakan imbal hasil obligasi pemerintah AS. Meski begitu, beberapa katalis risiko-negatif memberikan tekanan turun pada harga AUD/USD.

Negara-negara Kelompok Tujuh (G7) sepakat untuk membatasi harga minyak Rusia di pasar internasional. Setelah itu, Moskow menghentikan pasokan energi ke Uni Eropa (UE) melalui pipa Nord Stream 1, dengan alasan 'kebocoran', selama akhir pekan. Perlu dicatat, bagaimanapun, bahwa Politico memuat cerita yang menyebutkan bahwa Gazprom Rusia mengatakan pada hari Sabtu bahwa mereka akan meningkatkan pengiriman gasnya ke Eropa melalui Ukraina, mengutip laporan media. Selain masalah energi terkait Rusia dan kemungkinan resesi karena hal tersebut, penghentian perundingan nuklir AS-Iran juga memperkuat masalah minyak untuk benua lama, serta untuk dunia. “Perundingan nuklir Iran terhenti lagi setelah tanggapan terbaru dari Teheran,” kata Bloomberg.

Di halaman yang berbeda, pemerintahan Presiden AS Joe Biden meredam ekspektasi bahwa AS dapat mengurangi/menghapus tarif era Trump di Tiongkok. “Pemerintahan Biden akan mengizinkan tarif era Trump pada ratusan miliar dolar impor barang perdagangan Tiongkok untuk berlanjut sambil meninjau kebutuhan bea masuk,” kata Bloomberg.

Berbicara tentang data, data ketenagakerjaan AS mencatat  pembacaan yang beragam saat data utama Nonfarm Payrolls (NFP) naik melewati perkiraan 300 ribu menjadi 315 ribu, dibandingkan 526 ribu sebelumnya, tetapi Tingkat Pengangguran naik ke 3,7% dibandingkan dengan 3,5% yang diharapkan dan sebelumnya. Perincian lebih lanjut mengungkapkan bahwa Penghasilan  Rata-rata Per Jam mencetak ulang pertumbuhan 5,2% untuk bulan Agustus, sedikit lebih rendah dari konsensus pasar 5,3%. Juga, Pesanan Pabrik turun ke -1,0% untuk Juli dibandingkan dengan perkiraan 0,2% dan 1,8% pada pembacaan sebelumnya.

Ke depan, data AS dapat membatasi pergerakan pasar tetapi persiapan para pedagang untuk keputusan kebijakan moneter Reserve Bank of Australia (RBA) pekan ini dan Produk Domestik Bruto (PDB) Kuartal 2 Australia akan penting untuk diperhatikan. Mengingat tantangan baru-baru ini untuk ekonomi Pasifik tersebut, terutama yang berasal dari Tiongkok, RBA dapat memilih jalur yang hati-hati dan dapat mengecewakan para pembeli AUD/USD. Dengan itu, bank sentral Australia diperkirakan akan mengungkap kenaikan suku bunga 0,50%.

Analisis Teknis

Kegagalan pasangan AUD/USD untuk melewati garis support yang menjadi resistance bulanan, di dekat 0,6845 pada saat berita ini dimuat, selama pemulihan hari Jumat mengisyaratkan penurunan harga lebih lanjut yang menargetkan terendah tahunan di sekitar 0,6680.

Reprinted from FXStreet , the copyright all reserved by the original author.

Affected Trading Instrument

*Risk Disclaimer: The content above represents only the views of the author. It does not represent any views or positions of Maxco and does not mean that Maxco agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the Maxco, Maxco does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

Recommend