EUR/USD Pangkas Penurunan yang Dipicu Inflasi AS di Bawah 1,0000
FXStreet · 14 Sep 2022 473 Views

  • EUR/USD tetap berada di sekitar level terendah mingguan setelah jatuh paling banyak dalam dua tahun.
  • Inflasi AS memperbaharui kekhawatiran hawkish Fed menjelang FOMC minggu depan.
  • Kemerosotan saham, inversi kurva imbal hasil juga mendukung permintaan safe-haven greenback.
  • von der Leyen dari Uni Eropa akan mengumumkan rencana batas harga energi, USTR Tai mengunjungi VP EC Dombrovskis.

EUR/USD melakukan pemulihan yang disebabkan inflasi AS di sekitar dasar mingguan, mengambil tawaran beli ke 0,9980 selama sesi Asia hari Rabu. Dengan demikian, pasangan mata uang utama ini mengkonsolidasikan penurunan harian terbesar dalam dua tahun menjelang langkah diplomatik Uni Eropa (UE).

Data inflasi AS memperbarui kekhawatiran akan kenaikan suku bunga agresif Federal Reserve, serta mendorong masalah resesi, pada hari Selasa. Yang juga bertindak sebagai katalis-katalis penurunan bagi EUR/USD adalah kekhawatiran geopolitik seputar Tiongkok dan Rusia. Dikatakan, Indeks Harga Konsumen (IHK) AS untuk bulan Agustus naik melewati perkiraan pasar 8,1% ke 8,3% YoY, dibandingkan 8,8% sebelumnya. Angka bulanan, bagaimanapun, meningkat ke 0,1%, lebih dari -0,1% yang diharapkan dan 0,0% dalam pembacaan sebelumnya. IHK inti, yang berarti IHK non Makanan & Energi, juga melewati konsensus 6,1% dan 5,9% sebelumnya untuk mencetak 6,3% untuk bulan tersebut.

Di sisi lain, Sentimen Ekonomi ZEW Zona Euro turun ke -60,7 untuk bulan September, dibandingkan -52 yang diharapkan dan -54,9 sebelumnya. Untuk Jerman, pengukur sentimen turun ke -61,9 dibandingkan dengan perkiraan pasar -60,0 dan pembacaan sebelumnya -55,3. "Kami menghadapi ancaman resesi tahun depan," kata Menteri Ekonomi Jerman Robert Habeck setelah data pada hari Selasa. Pada baris yang sama, pembaruan Kementerian Ekonomi menyatakan bahwa prospek ekonomi Jerman untuk Semester 2 secara dramatis memburuk, output pada Semester 2 bisa stagnan atau berkontraksi.

Perlu dicatat bahwa taruhan The Fed yang hawkish meningkat, dengan kenaikan 75 basis poin (bp) muncul hampir pasti pada pekan depan. Perlu dicatat bahwa ada sekitar 25% kemungkinan Federal Reserve AS (The Fed) akan mengumumkan kenaikan penuh 1,0% pada suku bunga acuan The Fed pada pertemuan 21 September.

Inversi antara imbal hasil obligasi pemerintah AS jangka pendek dan jangka panjang juga melebar setelah data inflasi AS dan mendorong masalah resesi, yang pada gilirannya menenggelamkan harga EUR/USD karena status barometer risiko pasangan mata uang ini. Meskipun demikian, imbal hasil 10-tahun pemerintah AS menguat ke 3,412% dan untuk obligasi 2-tahun meningkat ke 3,76% setelah data tersebut, masing-masing sekitar 3,41% dan 3,745% baru-baru ini. Selain itu, saham-saham AS mengalami kemerosotan harian terbesar mereka dalam hampir dua tahun setelah rilis IHK AS dan itu juga menyenangkan para penjual logam ini.

Selain itu, rencana chip Presiden AS Joe Biden untuk meningkatkan kesulitan bagi Tiongkok, serta terburu-buru menuju hubungan yang lebih kuat dengan Tiongkok memicu masalah Tiongkok-Amerika. Selain itu, ekspektasi bahwa Rusia akan terpukul keras setelah mundur dari beberapa bagian Ukraina juga membebani sentimen pasar dan harga EUR/USD.

Baru-baru ini, Presiden AS Joe Biden menyebutkan, "Saya tidak khawatir dengan laporan inflasi yang dirilis hari ini." Pemimpin AS juga menambahkan bahwa pasar saham tidak selalu secara akurat mewakili keadaan ekonomi. Alasannya bisa dikaitkan dengan kemerosotan terbesar dalam ekuitas AS dalam dua tahun setelah rilis data inflasi AS.

Selanjutnya, rencana Kepala Uni Eropa (UE) Ursula von der Leyen untuk pembatasan harga energi dan kunjungan Perwakilan Dagang AS Katherine Tai ke Uni Eropa untuk bertemu dengan Wakil Presiden Komisi Eropa Valdis Dombrovskis akan menjadi penting untuk diperhatikan untuk pergerakan dalam jangka dekat. Yang juga penting adalah Indeks Harga Produsen AS (IHP) sebelum Penjualan Ritel AS bulan Agustus hari Kamis dan pembacaan awal Indeks Sentimen Konsumen Michigan untuk bulan September pada hari Jumat.

Analisis Teknikal

Penembusan tegas ke sisi bawah dari saluran bullish mingguan mengarahkan para penjual EUR/USD menuju terendah tahunan di sekitar 0,9860.

Level-Level Teknis EUR/USD

Tinjauan
Harga terakhir hari ini 0.9979
Perubahan harian hari ini 0.0005
Perubahan harian hari ini % 0.05
Pembukaan harian hari ini 0.9974
 
Tren
SMA 20 Harian 1.0003
SMA 50 Harian 1.0108
SMA 100 Harian 1.0334
SMA 200 Harian 1.075
 
Level
Tinggi Harian Sebelumnya 1.0187
Rendah Harian Sebelumnya 0.9967
Tinggi Mingguan Sebelumnya 1.0114
Rendah Mingguan Sebelumnya 0.9864
Tinggi Bulanan Sebelumnya 1.0369
Rendah Bulanan Sebelumnya 0.9901
Fibonacci Harian 38,2% 1.0051
Fibonacci Harian 61,8% 1.0103
Pivot Point Harian S1 0.9898
Pivot Point Harian S2 0.9822
Pivot Point Harian S3 0.9677
Pivot Point Harian R1 1.0118
Pivot Point Harian R2 1.0263
Pivot Point Harian R3 1.0339

 

Reprinted from FXStreet , the copyright all reserved by the original author.

Affected Trading Instrument

*Risk Disclaimer: The content above represents only the views of the author. It does not represent any views or positions of Maxco and does not mean that Maxco agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the Maxco, Maxco does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

Recommend