USD/JPY Menelusuri Imbal Hasil yang Lebih Kuat untuk Mendekati 145,00, Stimulus Jepang, PDB AS Dalam Fokus
FXStreet · 29 Sep 2022 2.8K Views
  • USD/JPY mengambil tawaran beli untuk memperbarui tertinggi intraday, membalik penurunan hari sebelumnya.
  • Kekhawatiran resesi dan bank sentral hawkish memperbarui momentum kenaikan imbal hasil obligasi pemerintah.
  • Jepang mempertimbangkan paket bantuan untuk meringankan beban tagihan utilitas di tengah meningkatnya biaya energi.
  • PDB AS dapat menghibur pembeli tetapi intervensi BoJ menguji momentum kenaikan.


USD/JPY terus naik di sekitar 144,65, memperbarui tertinggi intraday sementara memangkas penurunan hari sebelumnya menjelang sesi Eropa hari Kamis. Dengan demikian, pasangan Yen melacak imbal hasil obligasi pemerintah yang lebih kuat sementara juga mendukung harapan stimulus di dalam negeri, serta menghormati pemulihan luas Dolar AS.

Meskipun demikian, imbal hasil obligasi pemerintah AS 10-tahun mengalami penurunan harian terbesar dalam enam bulan dengan menambahkan 11 basis poin (bp) menjadi 3,82% pada saat berita ini ditulis. Perlu dicatat bahwa imbal hasil obligasi acuan berbalik dari level tertinggi sejak 2010 pada hari sebelumnya.

Indeks Dolar AS (DXY) juga mendapat manfaat dari imbal hasil yang lebih kuat, serta risiko pasar untuk risk safety, sambil mencetak kenaikan intraday 0,70% di sekitar 113,50. Perlu diamati bahwa indeks Greenback versus enam mata uang utama berbalik dari level tertinggi 20 tahun pada hari sebelumnya setelah Bank of England (BoE) mengumumkan program pembelian obligasi yang mengejutkan.

Di antara berita utama risiko-negatif utama adalah kekhawatiran stagflasi global dan resesi di Zona Euro, yang baru-baru ini didukung oleh Presiden Bank Dunia David Malpass. Lebih lanjut, keraguan tentang kapasitas Bank of England (BoE) untuk memulihkan kinerja ekonomi Inggris sambil mempertahankan rencana fiskal yang baru-baru ini dikritik membebani sentimen. Selain itu, komentar hawkish dari para gubernur bank sentral global, termasuk dari Eropa dan AS, bergabung dengan ketidaknyamanan dari upaya Tiongkok untuk menghindari resesi, yang tampaknya merusak sentimen dan mendukung DXY.

Di dalam negeri, Jepang menyiapkan lebih banyak langkah untuk meringankan rasa sakit akibat kenaikan tagihan listrik, juru bicara pemerintah memberi isyarat pada hari Kamis. Diplomat tersebut menggarisbawahi, per Reuters, menggarisbawahi tekanan yang dihadapinya dalam mengatasi beban rumah tangga dari harga impor yang lebih tinggi dari Yen yang lemah. Berita tersebut menambahkan bahwa tagihan listrik telah meningkat sekitar 20% pada tahun lalu untuk rumah tangga dan sekitar 30% untuk bisnis, Kepala Sekretaris Kabinet Hirokazu Matsuno mengatakan pada sebuah briefing, menambahkan bahwa kenaikan tersebut menjadi "beban berat" bagi konsumen.

Di tengah permainan ini, saham berjangka tetap lesu dan ekuitas Asia-Pasifik berkurang.

Selanjutnya, pembaruan seputar upaya Bank of Japan (BoJ) untuk mempertahankan Yen, serta stimulus pemerintah Jepang, akan menjadi penting untuk pasangan USD/JPY. Selain itu, pembacaan akhir Produk Domestik Bruto (PDB) AS kuartal II, yang diperkirakan akan mengkonfirmasi angka tahunan -0,6%, akan penting untuk diperhatikan.

Analisis teknis

Kecuali jika ada penutupan harian di luar garis resistensi tiga pekan, di sekitar 144,90 pada saat berita ini ditulis, pembeli USD/JPY tetap berhati-hati. Namun pergerakan turun membutuhkan validasi dari support DMA-21 di sekitar 143,15.

Level Teknis USD/JPY

Tinjauan
Harga terakhir hari ini 144.69
Perubahan harian hari ini 47
Perubahan harian hari ini % 0.33
Pembukaan harian hari ini 144.22
 
Tren
SMA 20 Harian 143.07
SMA 50 Harian 138.52
SMA 100 Harian 135.88
SMA 200 Harian 127.67
 
Level
Tinggi Harian Sebelumnya 144.87
Rendah Harian Sebelumnya 143.91
Tinggi Mingguan Sebelumnya 145.9
Rendah Mingguan Sebelumnya 140.35
Tinggi Bulanan Sebelumnya 139.08
Rendah Bulanan Sebelumnya 130.4
Fibonacci Harian 38,2% 144.28
Fibonacci Harian 61,8% 144.5
Pivot Point Harian S1 143.79
Pivot Point Harian S2 143.37
Pivot Point Harian S3 142.83
Pivot Point Harian R1 144.76
Pivot Point Harian R2 145.3
Pivot Point Harian R3 145.72

 

 

Reprinted from FXStreet , the copyright all reserved by the original author.

Affected Trading Instrument

*Risk Disclaimer: The content above represents only the views of the author. It does not represent any views or positions of Maxco and does not mean that Maxco agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the Maxco, Maxco does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

Recommend