AS: Ukraina Punya Kemampuan untuk Rebut Kherson dari Rusia
inews · 04 Nov 2022 242 Views
Menteri Pertahanan AS, Lloyd Austin. (Foto: Reuters)

WASHINGTON DC, iNews.id – Amerika Serikat (AS) menilai pasukan Ukraina saat ini punya kemampuan untuk merebut kembali Kota Kherson yang strategis dari pasukan Rusia. Jika kota di wilayah selatan Ukraina itu bisa diambil alih  Kiev, itu bakal menjadi kekalahan terbesar Moskow sejak agresi militernya pada 24 Februari lalu.

“Mengenai masalah apakah Ukraina dapat mengambil wilayah yang tersisa di sisi barat Sungai Dnipro dan di Kherson, saya yakin mereka memiliki kemampuan untuk melakukan itu,” kata Menteri Pertahanan AS, Lloyd Austin, pada konferensi pers di Pentagon, Washington DC, Kamis (3/11/2022).

Pada saat yang sama, seorang pejabat Rusia di Wilayah Kherson juga mengatakan bahwa Moskow kemungkinan akan menarik pasukannya dari tepi barat Sungai Dnipro. Jika benar demikian, langkah itu menandakan kemunduran yang signifikan bagi Rusia.

Sementara Ukraina mengatakan masih bertempur di daerah itu dan tetap waspada terhadap pasukan pendudukan Rusia yang memasang jebakan.

Austin tidak menjawab pertanyaan tentang apakah pasukan Rusia memang bersiap untuk meninggalkan wilayah tersebut.

“Yang paling penting, Ukraina percaya bahwa mereka memiliki kemampuan untuk melakukan itu. Kami telah melihat mereka terlibat dalam upaya yang sangat metodis namun efektif untuk merebut kembali wilayah kedaulatan mereka,” kata menhan AS itu.

Kherson adalah satu-satunya kota besar Ukraina yang direbut Rusia secara utuh sejak operasi militer Moskow dimulai pada 24 Februari lalu.

Reprinted from inews , the copyright all reserved by the original author.

Recommend