Kepuasan Publik AS terhadap Joe Biden Anjlok, Partai Republik Diprediksi Rebut Kendali Kongres
inews · 08 Nov 2022 621 Views

Presiden AS Joe Biden. (Foto: Reuters)

WASHINGTON DC, iNews.id – Tingkat kepuasan publik AS terhadap kinerja Presiden Joe Biden anjlok menjadi 39 persen. Hal itu terungkap dalam jajak pendapat oleh Reuters/Ipsos pada Senin (7/11/2022). 

Hasil tersebut semakin memperkuat prediksi sebagian kalangan bahwa Partai Demokrat yang menjadi kendaraan Biden selama ini bakal menelan kekalahan dalam Pemilihan Sela AS yang bakal digelar pada Selasa (8/11/2022).

Jajak pendapat nasional oleh Reuters/Ipsos yang berlangsung selama dua hari itu menemukan bahwa kepuasan orang Amerika terhadap kinerja Biden turun satu poin. Angka itu mendekati titik terendah selama masa kepresidenannya.

Ketidakpopuleran Biden turut mendorong pandangan bahwa Partai Republik akan memenangkan kendali DPR AS dan mungkin juga Senat AS pada pemilu sela kali ini.

Pusat Studi Politik Universitas Virginia pada Senin memperkirakan bahwa Partai Republik akan dengan mudah memenangkan mayoritas di DPR AS. Partai itu diperkirakan bakal memperoleh 24 kursi, dan akan menambah mayoritas tipis di Senat AS.

Jika itu terjadi, kontrol terhadap Kongres AS akan memberikan kekuatan bagi Partai Republik untuk menghalangi bahkan menyetop berbagai agenda Biden di legislatif.

Biden mulai menjabat kepala negara AS pada Januari 2021, di tengah pandemi Covid-19. Masa jabatannya ditandai dengan sejumlah tantangan ekonomi akibat krisis kesehatan global, termasuk melonjaknya inflasi. Tahun ini, tingkat kepuasan publik terhadap kinerjanya sempat turun hingga menjadi 36 persen pada Mei dan Juni.

 

Reprinted from inews , the copyright all reserved by the original author.

Affected Trading Instrument

*Risk Disclaimer: The content above represents only the views of the author. It does not represent any views or positions of Maxco and does not mean that Maxco agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the Maxco, Maxco does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

Recommend