Pratinjau Forex : Geopolitik, Covid-19 Di China hingga Politik AS, Dorong Pasar Keuangan Terombang-ambing
FXStreet · 17 Nov 2022 1.8K Views

Indeks Dolar Amerika kembali ditutup lebih rendah, dalam lima sesi perdagangan berturut-turut ditengah prospek perlambatan kenaikan suku bunga Fed karena membaiknya data ekonomi AS dan kekhawatiran pasar tentang politik AS setelah partai Republik menduduki kursi mayoritas DPR, serta penyambutan mantan Presiden AS Donald Trump yang kembali mencalonkan diri sebagai Presiden pada pemilu 2024 mendatang.

Meski berita kembalinya Trump tidak terlalu mengejutkan, tetapi masih menimbulkan kekhawatiran di tengah pandangannya tentang hubungan AS dengan China dan masalah polemik lainnya. Berdasarkan sejarah, kembalinya Trump akan menjadi sejarah baru sebagai presiden AS pertama dalam 130 tahun yang kembali tampil setelah ditolak oleh para pemilih.

Hingga akhir perdagangan Rabu (16/11), Dolar menyelesaikan perdagangan dengan kerugian sekitar 28 poin atau 0.26% berakhir pada level 106.29, setelah uji tertinggi 106.79 dan terendah 105.84. Laporan Penjualan Ritel AS membantu Dolar rebound dari sesi terendah hariannya, setelah mencatatkan kenaikan sebesar 1.3% selama periode Oktober, lebih tinggi dari perkiraan dan data sebelumnya pada 1.0% (F) dan 0% (P).

Papan matauang utama dunia ditutup beragam selama sesi perdagangan Rabu (16/11). AUD/USD berakhir dengan kerugian sekitar 17 poin atau 0.25% pada level 0.6739, setelah uji tertinggi 0.6792 dan terendah 0.6719. Aussie melemah ditengah lonjakan kasus covid19 di China yang memaksa terjadinya Penguncian regional dan bahkan memicu protes di jalan-jalan - hal ini kemungkinan akan memperburuk situasi dan ekonomi China.

Pada perdagangan Kamis (17/11), Matauang Australia akan terfokus angka ketenagakerjaan Autralia selama periode Oktober yang akan dirilis pagi ini pukul 07:30 WIB.

Pasangan EUR/USD mengakhiri perdagangan Rabu (16/11) dengan keuntungan sekitar 46 poin atau 0.44% berada pada level 1.0392, setelah uji tertinggi 1.0438. Sedangkan GBP/USD ditutup dengan keuntungan sekitar 49 poin atau 0.41% berakhir pada level 1.1914. katalis negatif dari konflik geopolitik yang membani pasar dipasar Asia berubah menjadi positif karena hilangnya ketakutan akan ketegangan geopolitik antara Rusia dan Polandia.

Dicetak ulang dari FXStreet , semua hak cipta dilindungi oleh penulis aslinya.

Affected Trading Instrument

*Risk Disclaimer: The content above represents only the views of the author. It does not represent any views or positions of Maxco and does not mean that Maxco agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the Maxco, Maxco does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

Recommend