Kapan RBNZ dan Bagaimana Keputusannya Dapat Mempengaruhi NZD/USD?
FXStreet · 23 Nov 2022 192 Views

Rabu pagi hari pukul 01:00 GMT/08:00 WIB pasar melihat keputusan kebijakan moneter utama oleh Reserve Bank of New Zealand (RBNZ) di tengah harapan permainan hawkish lainnya oleh bank sentral Selandia Baru.

RBNZ diprakirakan akan mengumumkan kenaikan berturut-turut kesepuluh dalam suku bunga acuannya, dari 3,5% ke 4,25%. Dengan demikian, bank sentral Selandia Baru siap untuk 75 basis poin (bp) pertama dari kenaikan suku bunga.

Meskipun kenaikan suku bunga sebagian besar sudah diperhitungkan, Pernyataan Kebijakan Moneter triwulanan dan konferensi pers oleh Gubernur RBNZ Adrian Orr membuat acara ini penting bagi para pedagang NZD/USD, terutama ketika kekhawatiran terhadap inflasi global mereda. Acara tersebut akan diadakan pada pukul 02:00 GMT/09:00 WIB.

Menjelang acara tersebut, Australia and New Zealand Banking Group (ANZ) mengatakan,

Kami memprakirakan Komite Kebijakan Moneter akan meningkatkan laju kenaikan suku bunga dengan memberikan kenaikan 75bp menjadi 4,25%. Meskipun tidak jelas seberapa serius kenaikan 75bp dipertimbangkan dalam Tinjauan Oktober, kejutan kenaikan baru-baru ini pada inflasi non-tradable dan upah menunjukkan bahwa RBNZ memiliki masalah inflasi 'lengket' yang lebih besar daripada yang diprakirakan sebelumnya. Kombinasikan itu dengan ukuran ekspektasi inflasi yang tetap terlalu tinggi, atau berjalan ke arah yang salah, dan kasus kenaikan sebesar 75bp menjadi cukup menarik.

Pada baris yang sama, analis di Westpac mengatakan,

Pernyataan Kebijakan Moneter RBNZ diharapkan oleh sebagian besar ekonom (termasuk Westpac) untuk memberikan kenaikan suku bunga 75bp menjadi 4,25%, bersama dengan perkiraan OCR yang lebih tinggi, untuk memadamkan tekanan inflasi. Pasar memprakirakan sedikit lebih rendah dari kenaikan 75bp, berada di sekitar 4,19%.

Mempertimbangkan konsensus pasar, Dhwani Mehta dari FXStreet mengatakan,

NZD/USD dapat jatuh kembali ke ambang 0,6000 pada efek 'jual fakta' jika Reserve Bank of New Zealand sesuai dengan ekspektasi pasar akan kenaikan yang sangat besar.

Bagaimana Keputusan Itu Dapat Mempengaruhi NZD/USD?

NZD/USD tetap berada di sekitar 0,6150 menjelang pengumuman penting RBNZ. Yang juga meningkatkan kecemasan para pedagang pasangan mata uang ini adalah jadwal rilis data aktivitas bulanan awal untuk bulan November dan risalah terbaru Federal Reserve AS (The Fed).

Meskipun demikian, sinyal awal dari RBNZ telah mengkonfirmasi kenaikan 75 bp dalam Official Cash Rate (OCR) dan hal tersebut mungkin tidak membuat para pembeli merasa senang selain memberikan kenaikan langsung. Pedagang akan lebih tertarik pada sinyal untuk pergerakan bank sentral di masa depan dan karenanya diskusi mengenai puncak OCR, serta proyeksi ekonomi triwulanan, akan sangat penting sebagai petunjuk arah yang jelas.

Secara teknis, penembusan tegas dari kisaran perdagangan baru-baru ini antara 0,6060 dan 0,6200 tampaknya diperlukan agar mendapatkan petunjuk arah yang jelas. Meskipun demikian, konvergensi dari EMA 200 dan garis tren naik dari 13 Oktober, di sekitar 0,5940, muncul sebagai support penting lainnya yang harus diperhatikan selama penurunan mengejutkan harga.

Artikel Penting

Pratinjau Keputusan Suku Bunga RBNZ: NZD/USD – Beli Rumor, Jual Fakta pada Kenaikan 75 BP

Tentang Keputusan Suku Bunga RBNZ dan Pernyataan Suku Bunga

Keputusan suku bunga RBNZ diumumkan oleh Reserve Bank of New Zealand. Jika RBNZ hawkish terhadap prospek inflasi ekonomi dan menaikkan suku bunga, itu positif, atau bullish, bagi NZD. Pernyataan suku bunga RBNZ berisi penjelasan terkait keputusan mereka mengenai suku bunga dan komentar terkait kondisi ekonomi yang memengaruhi keputusan mereka.

Reprinted from FXStreet , the copyright all reserved by the original author.

Affected Trading Instrument

*Risk Disclaimer: The content above represents only the views of the author. It does not represent any views or positions of Maxco and does not mean that Maxco agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the Maxco, Maxco does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

Recommend