Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar AS Hari Ini, 24 November 2022
Bisnis · 24 Nov 2022 244 Views



Bisnis.com
, JAKARTA – Nilai tukar rupiah hari ini diprediksi berupaya mempertahankan posisinya di level Rp15.600-an per dolar AS.

Kemarin (23/11/2022), mata uang Garuda ditutup menguat 10 poin atau 0,06 persen ke Rp15.686 per dolar AS, bersama dengan mata uang lain di kawasan Asia.

Kemarin dolar AS terpantau bergerak stabil karena investor meredam selera risiko mereka menjelang rilis risalah pertemuan kebijakan Federal Reserve.

Sementara itu, dari dalam negeri Bank Indonesia terus melakukan bauran strategi ekonomi, untuk melakukan stabilisasi nilai tukar rupiah. BI juga terus melakukan intervensi besar di pasar valuta asing, obligasi di perdagangan Domestic Non Deliverable Forward (DNDF), walaupun berimbas terhadap menurunnya cadangan devisa .

Mengutip Bloomberg, Kamis (24/11/2022),  risalah rapat bank sentral 1-2 November menunjukkan berapa pejabat The Fed mendukung kebutuhan untuk memoderasi laju kenaikan suku bunga. Hanya sebagian kecil dari pejabat ini yang menggarisbawahi perlunya suku bunga yang lebih tinggi.

Sejak pertemuan terakhir The Fed, investor telah mengurai kumpulan data ekonomi yang sedikit meredakan kekhawatiran inflasi, semakin memperkuat kemungkinan kenaikan suku bunga yang lebih kecil.

“Risalah itu dovish karena mereka mengakui melemahnya permintaan konsumen dan pengetatan kondisi ekonomi serta keuangan internasional,” kata Jay Hatfield dari Infrastructure Capital Management.

Namun, beberapa investor berpikir bahwa risalah rapat tidak menyampaikan sesuatu yang baru dan bahwa pasar mungkin bereaksi berlebihan terhadap perubahan sinyal The Fed yang dirasakan.

Untuk mencermati dinamika nilai tukar rupiah hari ini, mari saksikan secara live di sini. 

Reprinted from Bisnis , the copyright all reserved by the original author.

Recommend