Apple Akhirnya Menyerah, iPhone Makin Mirip HP Android
CNBC Indonesia · 17 Nov 2023 16.1K Views

Jakarta, CNBC Indonesia - Apple berencana mengadopsi standar pengiriman pesan teks yang sudah digunakan oleh HP Android di iPhone.

Reuters mengutip laporan Bloomberg, menyatakan Apple tahun depan akan mengintegrasikan standar Rich Communication Services (RCS), teknologi pengganti SMS dan MMS, di iPhone.

Teknologi RCS disebut membuat pengguna HP bisa mengirim dan menerima foto dan video kualitas tinggi, berbincang lewat WiFi atau jaringan seluler, serta mendapatkan informasi saat pesan yang dikirim sudah dibaca oleh penerima.

Menurut sumber, Apple akan menerapkan teknologi RCS bersama iMessage sehingga menawarkan operasi antar-sistem operasi yang lebih mulus.

Selama ini, Google telah mengintegrasikan teknologi RCS di HP Android dan mendorong agar sistem serupa diadopsi oleh iOS, sistem operasi iPhone buatan Apple. Namun, Apple dalam setahun terakhir kerap mengisyaratkan penolakan untuk menggunakan RCS.

Wakil Presiden Platform dan Ekosistem Google, Hiroshi Lockheimer beberapa waktu lalu bahkan sempat mengungkapkan rasa kasihannya pada pengguna iPhone.

Ia menjelaskan bahwa iMessage yang digunakan oleh iPhone adalah teknologi kuno yang serupa dengan SMS dan tidak aman.

"Sekarang saya merasa tidak enak dengan pengguna iPhone yang akan mengalami penurunan fitur, alangkah baiknya jika mereka bisa menghadirkan [RCS]," kata Lockheimer kepada 9to5Google, yang dikutip dari Android Authority, Selasa (28/3/2023).

Lockheimer menambahkan bahwa sistem keamanan Android jauh lebih baik dari iPhone. Pengguna Android, malah menghadapi risiko yang lebih besar saat harus berkirim pesan dengan pengguna iPhone.

"Dan keamanan yang lebih untuk mereka juga. Pengguna Android baik-baik saja, mereka saling berkirim pesan dengan keamanan total dan hal lainnya, dan sekarang agak aneh karena saat berinteraksi dengan iPhone harus berurusan dengan pengalaman keamanan yang menurun," katanya.

Reprinted from CNBC Indonesia , the copyright all reserved by the original author.

Affected Trading Instrument

*Risk Disclaimer: The content above represents only the views of the author. It does not represent any views or positions of Maxco and does not mean that Maxco agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the Maxco, Maxco does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

Recommend