Amazon PHK 18.000 Pekerja, Ini Berbagai Unit yang Terdampak
detik · 01 Feb 2023 273 Views
People take part in a rally in support of Amazon workers on strike, outside the Amazon warehouse, in Coventry, Britain, January 25, 2023. REUTERS/Henry Nicholls
Foto: REUTERS/Henry Nicholls
Jakarta

Beberapa waktu lalu, Amazon mengumumkan pemutusan hubungan kerja (PHK) pada 18.000 karyawan di seluruh operasi perusahaan. Berbagai divisi terkena dampaknya, mulai dari toko fisik ritel teknologi, pengiriman robot dan drone, hingga cloud computing.

Informasi itu berdasarkan data yang dibuat oleh seorang karyawan setelah pengumuman PHK. Basis data tersebut nantinya dapat digunakan oleh para perekrut.

Dikutip dari CNBC, Rabu (1/2/2023), terdapat persebaran PHK Amazon secara geografis. Menurut data Worker Adjustment and Retraining Notification (WARN), setidaknya ada 2.300 karyawan yang kehilangan pekerjaan di tempat asal Amazon, Washington.

Selain itu, ada lebih dari 500 karyawan di California yang terdampak, termasuk di divisi teknik dan perekrutan. Sementara itu, ada sekitar 300 karyawan terdampak di New York.

Saat Amazon melaporkan hasil kuartal keempat pada hari Kamis lalu, para eksekutif cenderung menghadapi pertanyaan mengenai pengurangan jumlah karyawan dan dampak keuangan yang diharapkan. Menurut perkiraan analis, pertumbuhan pendapatan diperkirakan turun hingga 6% dan tetap dalam satu digit hingga periode terakhir 2023. Hal itu karena Amazon memperhitungkan ancaman resesi dan penurunan belanja konsumen.

Dilansir dari CNBC, berikut ini merupakan unit operasional yang terdampak dari PHK Amazon.
1. Toko fisik dan toko kebutuhan sehari-hari
PHK di tempat tersebut terjadi pada berbagai karyawan, termasuk manajer program, perancang toko, manajer rantai pasokan, dan insinyur perangkat lunak.

2. Zappos
Penjual sepatu online Zappos, bergabung dengan Amazon melalui akuisisi pada tahun 2009. Adapun karyawan yang terkena PHK yaitu manajer program hingga insinyur perangkat lunak atau software engineer.

3. Amazon Robotics
Amazon Robotics adalah unit perusahaan yang berfokus pada otomatisasi aspek operasi gudangnya.

Insinyur pengembangan perangkat keras, insinyur mekatronika, insinyur jaringan, manajer sains terapan, dan manajer produk teknis adalah bagian dari PHK.

 
Reprinted from detik , the copyright all reserved by the original author.

Affected Trading Instrument

*Risk Disclaimer: The content above represents only the views of the author. It does not represent any views or positions of Maxco and does not mean that Maxco agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the Maxco, Maxco does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

Recommend