Beli Twitter, Elon Musk Lego Saham Tesla Senilai Rp 61,82 Triliun
Kompas · 10 Nov 2022 546 Views

Dilansir dari CNBC, Rabu (9/11/2022), hal itu terungkap dalam publikasi Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat. Elon disebut menjual lebih dari 19,5 juta lembar saham Tesla.

Sebelumnya, CEO Tesla itu juga sempat menjual kepemilikan sahamnya senilai 8 miliar dollar AS pada April, dan sekitar 7 miliar dollar AS pada Agustus. Pada tahun lalu, Ia pun telah melepas kepemilikan saham senilai 22 miliar dollar AS.

Pada 9 Agustus lalu, pria kelahiran Afrika Selatan itu sebenarnya sempat mengatakan, dirinya telah berhenti menjual saham Tesla demi mendanai akuisisi Twitter. Ini diungkapkan Elon melalui akun resmi Twitter-nya.

"Dalam hal (semoga tidak mungkin) Twitter memaksa kesepakatan ini untuk diselesaikan *dan* beberapa mitra ekuitas tidak berhasil, penting untuk menghindari penjualan darurat saham Tesla," tulis dia, pada saat itu.

Pada akhirnya selain memanfaatkan modal pribadi, Elon bekerjasama dengan sejumlah mitra untuk menyelesaikan akuisisi Twitter senilai 44 miliar dollar AS. Tercatat sejumlah mitra yang menyukseskan proses akuisisi ialah Binance, BAMCO Ron Baron, Andreessen Horowitz, mantan CEO Twitter Jack Dorsey, dan Pangeran Alwaleed bin Talal bin Abdulaziz dari Arab Saudi.

Sejak aksi pengambilalihan rampung, Elon telah melakukan sejumlah kebijakan strategis. Pada tahap awal, ia telah memecat sejumlah petinggi Twitter, dan menarik puluhan pegawai Tesla untuk mengembangkan platform media sosial itu.

Reprinted from Kompas , the copyright all reserved by the original author.

Affected Trading Instrument

*Risk Disclaimer: The content above represents only the views of the author. It does not represent any views or positions of Maxco and does not mean that Maxco agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the Maxco, Maxco does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

Recommend