Ternyata Ini yang Bikin Elon Musk Tak Lagi Jadi Orang Terkaya di Dunia
detik · 14 Dec 2022 767 Views
Twitter dibeli Elon Musk seharga Rp682,5 triliun, bagaimana kisah di baliknya?
Elon Musk (Foto: BBC World)
Jakarta

Pemilik pabrik mobil listrik Tesla, Elon Musk bukan lagi menjadi orang terkaya di dunia. Posisinya kini digeser oleh pengusaha fesyen mewah Louis Vuitton atau LVMH Bernard Arnault.

Berdasarkan data dari Forbes dan Bloomberg, harta kekayaan Musk tercatat sekitar US$ 178 miliar. Sementara Arnault sebesar US$ 188 miliar.

Elon Musk sendiri pimpinan tertinggi serta pemegang saham terbesar di Tesla, dengan saham yang dilaporkan sekitar 14%. Baru-baru ini dia juga telah membeli perusahaan jejaring sosial Twitter senilai US$ 44 miliar pada bulan Oktober.

Lantas apa yang membuat Musk tidak lagi menjadi orang terkaya sejagat raya ini?

Pengamat dari Wedbush Securities Dan Ives mengatakan seputar kesepakatan Twitter telah membebani harga saham Tesla.

"Pertunjukan sirkus Twitter telah merusak citra Elon Musk dan itu merupakan pengaruh besar pada saham Tesla. Musk adalah Tesla dan Tesla adalah Musk," katanya, dikutip dari BCC, Rabu (14/12/2022).

Bahkan untuk membeli Twitter kabarnya Musk sampai menjual sebagian sahamnya di Tesla, senilai miliaran dolar. Menurut Ives hal itu juga yang mendorong turunnya saham Tesla.

Investor juga khawatir bahwa permintaan mobil listrik Tesla memang sedang melambat. Penyebabnya berbagai macam, mulai dari pelemahan ekonomi, biaya pinjaman yang lebih tinggi membuat pembeli enggan dan perusahaan lain meningkatkan penawaran.

Belum lama ini, mobil Tesla juga terkena penarikan serta penyelidikan pemerintah tentang kecelakaan dan fitur auto pilotnya.

Reprinted from detik , the copyright all reserved by the original author.

Affected Trading Instrument

*Risk Disclaimer: The content above represents only the views of the author. It does not represent any views or positions of Maxco and does not mean that Maxco agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the Maxco, Maxco does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

Recommend